Contoh Teks Persuasi Propaganda Singkat Beserta Strukturnya

No Comment Oktober 03, 2022
Daftar Isi
Contoh Teks Persuasi Propaganda Singkat Beserta Strukturnya - Dalam bahasa Indonesia, teks persuasi terdiri dari empat jenis dan salah satunya adalah teks persuasi propaganda. Untuk membuat kamu memahami teks jenis ini, banyak membaca contoh teks persuasi propaganda adalah salah satu jalan keluar terbaik. 

Teks persuasi sendiri merupakan salah satu jenis teks yang di dalamnya mengandung sifat membujuk atau menarik orang lain untuk membaca teks tersebut. Sedangkan untuk jenis teks persuasi propaganda bisa kamu simak pengertiannya berikut ini:

Baca juga:

Belajar Bahasa Indonesia Tentang Pengertian Dan Contoh Teks Persuasif Tentang Propaganda Singkat Beserta Strukturnya Lengkap

Contoh Teks Persuasi Propaganda Singkat Beserta Strukturnya

Apa yang Dimaksud Teks Persuasi Propaganda?

Pastinya pertanyaan pertama yang muncul di pikiran kamu adalah pengertian dari teks persuasi propaganda, bukan? Menurut bahasa, persuasi merupakan suatu seni verbal yang memiliki tujuan guna meyakinkan seseorang. 

Sedangkan arti propaganda menurut KBBI adalah penerangan yang benar atau salah, kemudian dikembangkan dan memiliki sebuah tujuan yakni meyakinkan orang agar ikut dan mempercayai suatu aliran, sikap, maupun arah atas tindakan tertentu. 

Nah, teks persuasi propaganda adalah salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia yang isinya berusaha untuk menggiring pembaca maupun pendengar terhadap opini tertentu. Seperti teks-teks bahasa Indonesia lainnya, teks jenis ini juga memiliki bagian-bagian tertentu alias struktur. 

Struktur Teks Persuasi

1. Pengenalan Isu
Bagian awal dari teks persuasi dinamakan pengenalan isu yang di dalamnya memuat pengantar atau penjelasan tentang apa yang akan disampaikan atau diangkat. Pada bagian ini, kamu bisa menjelaskan sebuah isu yang hendak ditulis atau angkat secara garis besarnya saja. ‘

2. Rangkaian Argumen
Struktur selanjutnya adalah bagian tengah atau isi, yakni rangkaian argument. Pada bagian kedua ini memuat pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok si penulis. Nah, yang dimaksud tentang ide pokok ini tentu saja pendapat dari penulis sendiri terkait isu yang diangkat. 

Rangkaian argumen tidak hanya tentang pendapat saja, melainkan juga didukung dan diperkuat dengan data serta fakta. Data dan fakta yang disampaikan tentunya akan menunjukkan bahwa apa yang penulis sampaikan bukanlah sekadar omong kosong semata. 

3. Pernyataan Ajakan
Bagian terakhir dari teks persuasi adalah pernyataan ajakan. Seperti namanya, pada bagian ini akan berisi tentang ajakan untuk meyakini gagasan yang telah penulis sampaikan pada bagian kedua. Biasanya pernyataan ajakan disampaikan secara tersurat, namun tidak menutup kemungkinan juga disampaikan secara tersirat sejauh pembaca paham. 

Contoh Teks Persuasif Tentang Propaganda Beserta Strukturnya

Untuk memahami teks persuasi propaganda, ada baiknya jika kamu membaca lebih banyak referensi contohnya. Setelah menyimak berbagai macam referensi, dapat dipastikan akan memudahkan kamu dalam membuat teks persuasi propaganda tema apa pun. Berikut ini daftar contohnya:

1. Contoh Kalimat Persuasi Propaganda Tentang Mie Instan

Pengenalan Isu
Mie instan memang menjadi makanan favorit banyak orang dan seringkali dimakan bersamaan dengan nasi putih. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa apabila mengonsumsi kedua makanan tersebut secara bersamaan dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan tubuh. 

Rangkaian Argumen
Perlu diketahui bahwa ketika manusia mengonsumsi mie instan bersamaan dengan nasi putih bisa mengakibatkan terjadinya hal-hal negatif pada tubuh, salah satunya obesitas. Hal tersebut dikarenakan kandungan zat karbohidrat di dalam mie instan dan nasi putih bisa membuat perut kenyang, namun hanya dalam waktu singkat. 

Setelah rasa kenyang menghilang, perut akan lebih sering lapar dan mengakibatkan manusia lebih banyak makan dibandingkan sebelumnya. Tidak berhenti di situ saja, karena setelah tubuh mengalami obesitas dapat memunculkan gejala lain, salah satunya sejumlah penyakit. 

Obesitas dapat mengundang sejumlah penyakit menyerang tubuh manusia, misalnya saja seperti gagal ginjal, jantung, kolesterol tinggi, dan masih banyak lainnya. 

Pernyataan Ajakan
Oleh sebab itu, sebaiknya kamu menghindari dan memberikan larangan kepada diri sendiri maupun orang tersayang untuk tidak mengonsumsi mie instan serta nasi putih secara bersamaan. Dengan tidak mengonsumsi dua makanan tersebut secara bersamaan, tentu saja kamu bisa terhindar dari berbagai macam penyakit seperti yang telah disebutkan di atas. 

2. Contoh Teks Persuasif Propaganda Tentang Air Putih

Pengenalan Isu
Asupan air putih yang dibutuhkan oleh tubuh harus terpenuhi setiap harinya. Pasalnya, apabila tubuh kekurangan air putih atau cairan dapat mengakibatkan dehidrasi dan hal tersebut bisa membahayakan kesehatan. 

Tidak hanya haus, ketika tubuh sudah mengalami dehidrasi akan memicu berbagai macam hal, misalnya saja mengakibatkan sesak napas, kemudian denyut nadi cepat namun cenderung lemah, demam, tekanan darah rendah, kulit menjadi lebih kering, dan bahkan bisa menyebabkan hilangnya kesadaran alias pingsan. 

Rangkuman Argumen
Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board telah menganjurkan untuk mengonsumsi air putih minimal 2,7 liter bagi perempuan dan 3,7 liter bagi laki-laki setiap harinya. Kamu tidak perlu minum sekaligus asupan air putih, namun bisa dibagi pada beberapa waktu. 

Misalnya saja, ketika bangun tidur, kemudian ketika merasa haus, saat tubuh merasa lelah, sesudah atau sebelum makan. Mengonsumsi air putih juga tidak perlu berlebihan karena dapat menimbulkan risiko kembung pada perut, sehingga pastinya membuat tidak nyaman. 

Kamu hanya perlu minum secukupnya saja sesuai anjuran, sehingga kebutuhan harian terhadap air putih atau mineral bisa terpenuhi dengan baik. Dengan demikian, akan membuat sistem pencernaan, pernapasan, atau bahkan sistem metabolisme dalam tubuh dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 

Pernyataan Ajakan
Karena air putih merupakan salah satu hal penting dan perlu dipenuhi asupannya setiap hari, maka jangan malas untuk minum air putih. Penuhi asupan air putih setiap harinya agar tubuh tetap sehat, bugar, dan terhindar dari bahaya dehidrasi. 

3. Contoh Teks Persuasif Propaganda Singkat Tentang Permainan Tradisional

Pengenalan Isu
Permainan tradisional kini sudah sangat jarang dimainkan oleh anak-anak, padahal memiliki nilai-nilai yang tidak bisa digantikan bahkan oleh permainan modern sekalipun. Permainan modern memang tidak buruk, namun tentu perkembangan anak perlu diimbangi dengan permainan tradisional. 

Rangkuman Argumen
Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam permainan tradisional yang bisa dimainkan oleh anak-anak, di antaranya adalah gobak sodor, kemudian galah, lompat tali, betengan, petak umpet, dan masih banyak permainan lainnya yang menarik. 

Semua permainan tradisional tersebut melibatkan gerak tubuh, strategi, interaksi dengan lawan, dan tentunya kerja sama antar anggota tim. Dengan begitu, perkembangan motorik anak akan lebih berkembang lagi melalui permainan tradisional. 

Pernyataan Ajakan
Maka dari itu, permainan tradisional harus dilestarikan dengan cara dikenalkan kepada anak-anak sejak dini sesuai usia masing-masing. Jangan sampai permainan modern yang tidak berimbas pada perkembangan motorik anak menggerus budaya permainan tradisional. 

Jika mengganti permainan tradisional dengan permainan modern, maka kemungkinan terburuknya anak-anak akan kesulitan bersosialisasi dan tidak mengerti makna dari kerja sama. 

Dengan contoh teks persuasi propaganda, kamu akan lebih mudah mengerjakan atau membuatnya. Namun selain banyak membaca contoh referensi tentang teks ini, tentu saja kamu juga perlu memahaminya secara teori agar dapat membuat teks persuasi propaganda dengan baik. 

Komentar

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]