Contoh Teks Persuasif Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya

No Comment September 13, 2022
Daftar Isi
Contoh Teks Persuasif Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya - Memaksimalkan pemahaman tentang teks persuasif bisa dibantu dan didorong dengan banyak membaca referensi contoh teks persuasif tentang kesehatan. Tak hanya bisa memaksimalkan pemahaman, contoh-contoh tersebut juga bisa menjadi acuan untuk belajar menulis. 

Sebenarnya, teks jenis ini kerap kali ditemukan pada pembelajaran bahasa Indonesia di bangku SD maupun SMP, namun mungkin kamu belum menyadarinya. Nah, karena kamu ingin mempelajari dan memahami teks jenis ini, jangan hanya baca teorinya saja tetapi juga baca referensi contohnya. 

Baca juga:

Daftar Contoh Teks Persuasif Tentang Kesehatan Singkat Beserta Strukturnya Lengkap Yang Baik Dan Benar

Ada banyak sekali contoh teks persuasif tentang kesehatan beserta strukturnya yang akan kita bahas di halaman ini. Contoh-contoh berikut ini dapat kamu jadikan referensi untuk membuat teks persuasi tema kesehatan sesuai dengan keinginan. 
Contoh Teks Persuasif Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya

1. Contoh Teks Persuasif 3 Paragraf


Kebiasaan Baik untuk Hidup Lebih Sehat
Pengenalan Isu
Menjaga tubuh dan pikiran adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh setiap orang, tentunya agar kesehatan lebih baik lagi. Nah, untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, kamu perlu mengikuti aturan agar bisa mencapai tujuan tersebut. 

Rangkuman Argumen
Ada berbagai cara yang dapat dilakukan agar kesehatan tetap stabil, seperti bangun pagi untuk memperoleh udara yang segar dan baik untuk kesehatan, kemudian dilanjutkan dengan berolahraga ringan maupun berat, dan menentukan waktu tidur agar istirahat jadi lebih berkualitas. 

Pernyataan Ajakan
Ayo lakukan kebiasaan yang baik untuk menciptakan hidup lebih sehat lagi! Ketika tubuh dan pikiran sehat, sudah pasti hari-hari yang dijalani akan lebih maksimal lagi. Lakukan kebiasaan baik agar hidup menjadi lebih sehat!

2. Contoh Teks Persuasif Tentang Kesehatan Singkat


Tips Mengurangi Penuaan Dini
Pengenalan Isu
Penuaan dini memang menjadi momok tersendiri bagi setiap orang, khususnya bagi para wanita. Selain dapat membuat kulit wajah tampak lebih tua dibandingkan usia, penuaan dini juga bisa membuat seseorang kehilangan kepercayaan dirinya. 

Rangkuman Argumen
Sebenarnya ada tips yang dapat digunakan untuk mengurangi penuaan dini, mulai dari menghindari level stress yang tinggi, kemudian mengurangi asupan kalori tidak sehat, konsumsi makanan bernutrisi, dan juga berolahraga secara rutin. 

Pernyataan Ajakan
Dengan melakukan hal-hal yang disebutkan sebelumnya, tanda-tanda penuaan dini bisa dicegah bahkan kemungkinan tidak akan muncul sebelum waktunya. Jadi, mari lakukan tips-tips terbaik untuk mengurangi penuaan dini agar kita tetap percaya diri! 

3. Contoh Teks Persuasif Beserta Strukturnya tentang Gaya Hidup Sehat


Manfaat Gaya Hidup Sehat
Pengenalan Isu
Gaya hidup sehat sangatlah bermanfaat, baik untuk kesehatan tubuh maupun pikiran. Tak hanya itu saja, jika memiliki gaya hidup sehat maka bisa mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit, misalnya saja kanker, penyakit jantung, diabetes, obesitas, maupun osteoporosis. 

Rangkuman Argumen
Secara detail, menjalankan gaya hidup sehat memberikan berbagai macam manfaat bagi tubuh dan pikiran, mulai dari badan lebih segar dan bugar, kemudian bisa menaikkan tenaga pada tubuh, lalu juga mampu mengontrol berat badan, bahkan pikiran akan menjadi lebih bahagia lagi. 

Mengapa bisa demikian? Pertama, tubuh akan menjadi lebih segar dan bugar dikarenakan asupan nutrisi yang diperlukan setiap harinya terpenuhi dengan baik. Karena itulah metabolisme di dalam tubuh meningkat dan imun pastinya juga ikut terbentuk sehingga lebih kuat. 

Kedua, gaya hidup sehat mampu menaikkan tenaga pada tubuh karena kita bisa memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh akan memiliki cadangan energi yang mencukupi dan karena itulah kita bisa menjalankan rutinitas sehari-hari secara maksimal. 

Ketiga, alasan mengapa dengan gaya hidup sehat bisa mengontrol berat badan adalah kebutuhan olahraga terpenuhi. Tak hanya itu saja, pola makan yang terjaga juga membantu mengontrol berat badan, sehingga tidak akan mengalami obesitas. 

Menjadi lebih bahagia juga menjadi bagian manfaat dari menjalankan gaya hidup sehat, dikarenakan ketika melakukan hal tersebut akan meningkatkan rasa percaya diri pada masing-masing individu sehingga mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik lagi. 

Pernyataan Ajakan
Nah, dengan demikian dapat dikatakan bahwa menjalankan gaya hidup sehat tidak merugikan sama sekali, bahkan memberikan manfaat yang banyak dalam kehidupan, khususnya untuk kesehatan tubuh dan pikiran. 

Maka dari itu, implementasikan gaya hidup sehat di kehidupan sehari-hari agar tubuh tetap sehat dan pikiran ikut tenang serta bahagia. Gaya hidup sehat? HARUS!

4. Contoh Teks Persuasif Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya


Perawatan Gratis, Perlukah?
Pengenalan Isu
Kesehatan yang baik tentu harus menjadi prioritas setiap negara, karena ketika rakyatnya sehat maka akan berimbas baik. Pasalnya, tubuh dan pikiran yang sehat akan memberikan dampat positif, progresif, dan bahagia. 

Negara maju wajib memberikan layanan kesehatan gratis alias tidak dipungut biaya untuk rakyatnya, hal tersebut dikarenakan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan primer yang sudah seharusnya gratis. Rakyat membayar pajak agar negara maju, dengan demikian pemerintah sudah seharusnya memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk kemajuan seluruh rakyatnya. 

Rangkuman Argumen
Ada sebuah pernyataan bagus, yakni ‘pikiran yang sehat hidup dalam tubuh yang sehat’. Pernyataan tersebut sangatlah benar, sehingga harus diperhatikan dengan baik. Pikiran sehat memiliki peran penting dalam kemajuan serta pembangunan bangsa yang hidup di dalam tubuh sehat. 

Maka dari itu, prioritas sebuah negara yang sifatnya sangat penting adalah menjaga generasinya agar tetap sehat, baik tubuh maupun pikirannya. Salah satu contoh negara maju yang memberikan layanan kesehatan gratis untuk rakyatnya adalah Negara Amerika. 

Pemerintah memberikan layanan kesehatan gratis karena dedikasi dan kerja keras seluruh rakyatnya dalam memajukan negara. Oleh sebab itu, perawatan untuk bidang kesehatan di Negara Amerika diberikan secara gratis untuk seluruh rakyatnya. 

Selain itu, rakyat juga membayar pajak semata-mata untuk kemajuan dan keuntungan negara, meliputi pemenuhan kebutuhan dasar misalnya saja seperti air bersih, kemudian udara bersih, makanan sehat, dan perawatan kesehatan tanpa pungutan biaya. 

Jika tidak menyediakan kebutuhan tersebut, tentu saja kemajuan dalam sebuah negara tidak akan tercapai. Jadi, suatu negara wajib menyediakan layanan kesehatan gratis semata-mata untuk membalas pajak yang diberikan oleh rakyatnya. 

Hal tersebut didukung dengan kewajiban suatu negara yang paling utama, yakni menjaga kesehatan dan keselamatan seluruh rakyatnya. Sedangkan untuk mencapai keduanya, sangat penting untuk menyediakan layanan kesehatan tanpa pungutan biaya dan lingkungan aman. 

Pernyataan Ajakan
Kesimpulannya, kebutuhan tentang layanan kesehatan gratis menjadi salah satu kebutuhan primer, sehingga wajib diberikan kepada rakyat sebagai imbalan dari pembayaran pajak. Oleh sebab itu, negara harus segera merilis sistem layanan kesehatan gratis untuk seluruh rakyatnya. 

5. Contoh Teks Persuasif Tentang Kesehatan Mental


Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19
Pengenalan Isu
Setiap orang sangat perlu menjaga kesehatan, terutama kesehatan mental guna menghindari keluhan fisik yang diakibatkan oleh munculnya stres. Pasalnya, ketika seseorang terserang stress, maka secara otomatis sistem imun yang ada di dalam tubuh mereka akan berkurang. 

Rangkuman Argumen
Hal tersebut tentu saja akan berimbas pada kesehatan tubuh, karena menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Jika tubuh sudah terserang penyakit, maka akan sangat mustahil seseorang bisa menjalankan kehidupan sehari-hari mereka dengan maksimal. 

Menyadari bahwa kecemasan akibat munculnya virus baru sejak tahun 2019 silam, yakni Covid-19 sudah meliputi masyarakat, sehingga WHO merilis panduan bagi seluruh masyarakat di dunia untuk sama-sama menjaga kesehatan mental. Berbagai macam cara untuk menjaga kesehatan mental adalah seperti berikut ini:

Pernyataan Ajakan
- Cobalah Berempati
Kamu perlu memahami, bahwasanya virus corona adalah penyakit yang mampu menyerang seluruh lapisan masyarakat, baik suku, agama, maupun ras. Oleh karena itu, jangan pernah mengasosiasikan Covid-19 pada satu negara atau satu etnis saja. 

Cobalah berempati kepada korban-korban yang terdampak bahkan terinfeksi Covid-19, dengan memahami bahwa mereka tidak melakukan kesalahan apapun. Sebaliknya, kita perlu menyatukan suara untuk mendukung pasien Covid-19 di mana pun berada dengan memperlihatkan simpati, empati, dan juga kebaikan. 

- Kurangi Stigma Negatif terhadap Pasien Covid-19
Jangan menyebut pasien Covid-19 dengan sebutan yang tidak semestinya atau bersifat menyinggung, misalnya saja seperti “kasus Covid-19” atau bahkan “keluarga Covid-19”. Hal tersebut sangatlah tidak elok, sehingga lakukan hal sebaliknya dengan menyebut mereka sebagai orang yang sedang menjalani perawatan Covid-19. 

Sangat perlu rasanya memisahkan identitas seseorang dengan virus satu ini, yakni dengan tujuan untuk mengurangi stigma negatif. Sedangkan ketika mereka semua sudah berhasil melawan Covid-19 dan dinyatakan sembuh, maka mereka berhak hidup normal layaknya orang-orang pada umumnya. 

- Batasi Diri dari Paparan Berita dan Media Sosial
Membatasi diri dari paparan berita dan sosial media juga sangat perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, karena membaca dan melihat berita menyedikan atau menakutkan seputar virus corona akan membuat mental menjadi down, kemudian putus asa, stress, dan berakhir depresi. 

Kita juga perlu memahami, bahwa tidak semua berita atau informasi yang disampaikan oleh media adalah berita yang sebenarnya. Guna menghindari diri dari berita hoax yang menyesatkan, maka perlu sekali membaca berita referensi dari website resmi pemerintah dan juga WHO. 

- Lindungi Diri dan Keluarga
Rasa cemas sudah pasti ada di setiap individu di masa pandemic, karena ketakutan akan terkenanya virus, baik diri sendiri maupun keluarga. Agar kecemasan tersebut berkurang, tentu saja ada hal-hal baik yang perlu dilakukan yakni sesuai dengan anjuran WHO agar bisa terhindar diari Covid-19. 

Caranya seperti yang dianjurkan oleh pemerintah, yakni melakukan physical distancing, kemudian menghindari kerumunan dengan tetap di rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun atau semacamnya, dan juga menutup hidung dan mulut dengan masker, dan lain sebagainya. 

- Berikan Dukungan Kepada Tenaga Medis
Berilah dukungan kepada garda depan Covid-19, yakni tenaga medis karena sudah berjasa dalam memerangi virus satu ini. Karena tenaga medis sudah sangat bertanggung jawab dengan merawat dan menyelamatkan jiwa para pasien. 

Dukungan yang dapat diberikan kepada seluruh tenaga medis sebagai garda depan melawan Covid-19 adalah dengan mengirim kata-kata positif, kemudian mengirimkan bunga, mengirimkan bantuan alat kesehatan, mengirimkan makanan, dan masih banyak cara lainnya. 

Dengan melakukan hal-hal yang telah disebutkan di atas, kamu bisa menjaga kesehatan mental meskipun kasus Covid-19 masih terus bergulir. Ayo jaga kesehatan mental masing-masing, agar imun di dalam tubuh tetap kuat sehingga tidak terjangkit virus Covid-19!

6. Contoh Teks Persuasi Tentang Kesehatan Mata


Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata
Pengenalan Isu
Mata adalah salah satu organ tubuh yang dianugerahkan oleh Tuhan agar kita bisa melihat dunia seisinya. Maka dari itu, menjaga kesehatan mata adalah suatu keharusan, karena jika diabaikan maka penglihatan bisa rusak bahkan terancam buta. 

Rangkuman Argumen
Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari melakukan pemeriksaan rutin ke dokter mata, kemudian memperhatikan posisi yang baik ketika sedang membaca, memberikan waktu istirahat yang cukup pada mata, dan masih banyak lainnya. 

Jika menggunakan lensa kontak, bersihkan tangan terlebih dahulu untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel. Sedangkan jika kamu memiliki kebiasaan merokok, alangkah baiknya menghentikan kebiasaan tersebut demi kesehatan mata. 

Pernyataan Ajakan
Mari lakukan hal-hal yang tidak merusak mata, agar organ tubuh penting satu ini tetap sehat sehingga kita bisa terus melihat dunia seisinya. 

7. Contoh Paragraf Persuasi Tentang Kesehatan Kulit


Menjaga Kesehatan Kulit Wajah dengan Perawatan
Pengenalan Isu
Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusia dan terdiri atas beberapa lapisan yang memiliki fungsi masing-masing. Epidermis merupakan lapisan paling luar kulit yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari hal-hal yang mampu mengakibatkan terjadinya kerusakan. 

Di bawah epidermis terdapat lapisan lagi, yakni lapisan dermis yang terdiri dari folikel rambut, kemudian kelenjar minyak, dan juga pembuluh darah. Sedangkan pada lapisan terakhir yang bernama jaringan subkutan berfungsi melindungi organ-organ dalam tubuh serta menjaga suhu tubuh. 

Rangkuman Argumen
Menjaga kesehatan kulit tentu menjadi sebuah kewajiban bagi setiap orang dan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, misalnya saja dengan mengonsumsi banyak buah dan sayur, kemudian menggunakan tabir surya di siang hari, dan membersihkan wajah secara rutin. 

Menggunakan pelembab juga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan kulit, karena bisa menghindarkan kulit dari dehidrasi yang berbahaya. Selain itu, kamu juga perlu menghindari stress berkepanjangan, karena hal tersebut sangat berdampak buruk pada kesehatan kulit. 

Pernyataan Ajakan
Dengan demikian, tentu saja kamu perlu melakukan hal-hal yang disebutkan sebelumnya demi kulit sehat. Di dalam kulit yang sehat, sudah dipastikan kecantikan akan terpancar dengan sendirinya. Mari rawat kulit dengan cara yang benar agar tetap sehat dan cantik!

8. Contoh Paragraf Persuasi Tentang Kesehatan Gigi


Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Kesehatan gigi dan mulut tergolong sangat rendah, karena seringkali diabaikan oleh masyarakat. Rendahnya kesadaran terkait kesehatan organ tubuh manusia ini menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit gigi dan mulut di kalangan masyarakat. 

Menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan benar perlu dilakukan oleh masyarakat sejak dini, mulai dari memilih sikat gigi yang tepat, kemudian melakukan flossing, menghindari konsumsi minuman dan makanan manis, menghentikan kebiasaan merokok, dan jangan lupa melakukan pemeriksaan gigi secara teratur kepada ahlinya. 

Namun jika sudah terlambat dan mengalami keluhan misalnya seperti gusi berdarah, gusi turun, gigi lepas dengan sendirinya, sakit ketika mengunyah, atau bahkan bau mulut yang terus-terusan, maka satu langkah pasti harus segera mengkonsultasikannya kepada dokter gigi. 

Untuk kesehatan gigi dan mulut, kamu tidak boleh acuh! Oleh sebab itu, lakukan hal-hal baik yang diperuntukkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti yang telah disebutkan sebelumnya! Gigi dan mulut sehat, pasti lebih percaya diri!!!

Contoh paragraf persuasi tentang kesehatan singkat yang telah dijabarkan di atas bisa dijadikan referensi ketika kamu membutuhkannya. Ingat, membuat teks persuasi harus mampu menarik minat pembaca untuk melakukan apa yang diharapkan penulis!
Promo Menarik
Thumbnail
Tinta Printer Epson Kemasan Terbaru
Rp20.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
SoftCase HP Aesthetic Murah Untuk Merek Vivo, Oppo, Samsung, Realme
Rp18.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Baju Wanita Muslim - DRESS AYU bahan katun apel - gamis - homey dress - gamis wanita - gamis busui - dress - dress muslim - gamis muslim - dress wanita - dress menyusui
Rp60.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Tas Selempang Wanita Sophie Fairiese T3036P3 Esmonia Lopper Hardware Gold Original Seri E1416 U2R2
Rp45.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Sandal Wanita Modis Hak Tahu Kepang Terlaris
Rp.40.0000 RpXX.000
Cek disini

Komentar

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]