Ingin Memiliki SDM Berkualitas? Ini Dia Tips Merekrutnya!

No Comment Agustus 22, 2022
Daftar Isi
Ingin Memiliki SDM Berkualitas? Ini Dia Tips Merekrutnya! - Menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha, tentunya bukanlah sebuah tugas yang mudah untuk dilakukan. Selain, memastikan bisnis tetap mampu bertahan, seorang pengusaha juga perlu memikirkan strategi untuk meningkatkan SDM perusahaannya.

SDM atau Sumber Daya Manusia pada perusahaan merujuk pada karyawan/pegawai yang ada. Mampu bersaingnya perusahaan atau tidak, ditentukan oleh kualitas SDM yang ada di dalamnya.

Maka dari itu, perekrutan karyawan perusahaan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena, hal tersebut dapat mempengaruhi kekuatan dan daya saing dari perusahaan itu sendiri.

Nah, dalam kesempatan ini, Admin akan memberikan tips untuk membantu perusahaan dalam mendapatkan SDM atau karyawan yang berkualitas. Simak beberapa tipsnya di bawah ini.
Ingin Memiliki SDM Berkualitas? Ini Dia Tips Merekrutnya!

1. Merencanakan Perekrutan dengan Baik

Membuat planning atau perencanaan, merupakan sebuah tahap awal atau pembuka dari setiap langkah yang dilakukan, termasuk dalam merekrut karyawan.

Perencanaan di sini berkaitan dengan bagaimana tim HRD nantinya akan mempublikasikan lowongan pekerjaan tersebut, siapa yang akan meninjau prosesnya, siapa saja yang berpartisipasi dalam wawancara, dan hal-hal esensi lainnya.

Hal ini perlu dilakukan, supaya proses perekrutan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Buatlah Iklan Lowongan yang Menarik

Tips selanjutnya yaitu membuat iklan lowongan pekerjaan yang unik dan menarik di mata para pencari kerja atau jobseeker.

Perlu diingat bahwa, inti dari sebuah iklan yaitu mampu untuk menarik perhatian orang lain, begitu juga dengan iklan lowongan pekerjaan. Oleh sebab itu, pastikan bahwa lowongan yang dibuat terlihat menarik dan bisa menarik orang untuk mencobanya.

Meski begitu, hindari iklan lowongan yang terlalu rumit dan sulit untuk dipahami atau dilihat.

Baca juga:

3. Tuliskan Job Description dengan Singkat, Padat, dan Jelas

Meskipun terlihat sepele, namun nyatanya masih banyak perusahaan yang masih salah dalam menuliskan job description pada lowongan pekerjaan yang mereka miliki.

Beberapa kesalahan umum yang masih banyak ditemukan yaitu, menggunakan bahasa yang sulit untuk dimengerti, ambigu, terlalu bertele-tele, banyak, dan memiliki struktur yang berantakan.

Kenyamanan dalam membaca merupakan aspek paling penting dalam membuat sebuah iklan lowongan pekerjaan. Jika, para pencari kerja tidak nyaman dengan lowongan yang Anda buat, maka kemungkinan besar, hal ini dapat menyulitkan Anda untuk mendapatkan SDM berkualitas bagi perusahaan.

4. Gunakan Media yang Tepat

Saat ini ada banyak sekali media yang dapat perusahaan gunakan untuk memposting iklan lowongan pekerjaan tersebut.

Tim HRD dapat memanfaatkan karakteristik dari setiap media untuk menyasar target kandidat yang diinginkan perusahaan. Selain itu, HRD juga bisa memanfaatkan media sosial yang dimiliki perusahaan untuk menjadi salah satu sumber dalam mendapatkan kandidat berkualitas.

Pastikan setiap lowongan yang dibuat, sesuai dengan platform atau media yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan.

5. Tawarkan Fasilitas dan Benefit yang Kompetitif

Selain gaji, aspek lain yang menjadi pertimbangan orang dalam mencari pekerjaan yaitu fasilitas dan juga benefit yang didapatkan.

Sejatinya, setiap orang pasti akan mencari perusahaan yang mampu mensejahterakan kehidupan karyawannya, baik itu dari segi fasilitas selama bekerja, maupun benefit yang didapatkannya.

Jika Anda ingin mendapatkan SDM berkualitas, maka fasilitas dan benefit yang ditawarkan pun harus memiliki value atau nilai yang sama.

6. Bangun Reputasi Sebaik Mungkin

Mayoritas orang pastinya ingin bekerja di perusahaan yang memiliki citra atau reputasi yang baik di mata publik.

Reputasi perusahaan yang baik, tentunya akan menarik minat banyak pencari kerja untuk berlomba-lomba bekerja di perusahaan tersebut. 

Dengan begitu, potensi perusahaan dalam mendapatkan kandidat potensial akan lebih besar, dibandingkan perusahaan dengan reputasi yang kurang baik.

7. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Baik dan Harmonis

Tips yang ketujuh sekaligus menjadi yang terakhir yaitu menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, aman, dan juga harmonis bagi setiap karyawannya.

Selain dapat meningkatkan reputasi perusahaan atau employer branding, lingkungan kerja yang harmonis juga dapat mengurangi tingkat turnover yang terjadi di perusahaan.

Dengan begitu, perusahaan akan memiliki karyawan yang loyal dan perusahaan dapat lebih mudah dalam mencapai tujuan bisnisnya.

Demikian pembahasan mengenai tips merekrut karyawan, agar perusahaan memiliki SDM yang berkualitas.

Selain melalui tips di atas, perusahaan juga dapat dengan mudah mendapatkan kandidat potensial dengan bantuan LinovHR.

LinovHR merupakan salah satu Aplikasi HRIS Indonesia terbaik yang dapat membantu perusahaan dalam mengurus kegiatan yang berhubungan dengan SDM perusahaan, termasuk dalam melakukan rekrutmen karyawan.

Uniknya, Anda bisa mengajukan demonya, secara GRATIS, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, ajukan sekarang juga.
Promo Menarik
Thumbnail
Tinta Printer Epson Kemasan Terbaru
Rp20.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
SoftCase HP Aesthetic Murah Untuk Merek Vivo, Oppo, Samsung, Realme
Rp18.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Baju Wanita Muslim - DRESS AYU bahan katun apel - gamis - homey dress - gamis wanita - gamis busui - dress - dress muslim - gamis muslim - dress wanita - dress menyusui
Rp60.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Tas Selempang Wanita Sophie Fairiese T3036P3 Esmonia Lopper Hardware Gold Original Seri E1416 U2R2
Rp45.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Sandal Wanita Modis Hak Tahu Kepang Terlaris
Rp.40.0000 RpXX.000
Cek disini

Komentar

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]