Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya Dan Strukturnya

No Comment Agustus 01, 2022
Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya Dan Strukturnya - Contoh teks eksplanasi adalah sebuah teks yang memberikan banyak informasi dan seringkali dimulai dengan sebuah pernyataan atas sebuah peristiwa. Teks eksplanasi selalu memperkenalkan subjek seperti teks lainnya. Setiap orang selalu membutuhkan alasan atau apa yang terjadi.

Nah, dalam teks eksplanasi itulah, informasi mengenai pernyataan dan alasan di baliknya diungkapkan dengan kronologi yang berurutan dan juga konjungsinya. Bagi yang bingung dengan teks eksplanasi, contoh teks eksplanasi singkat ini bisa menjadi gambaran untuk kamu.

Baca juga:

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Di Indonesia Beserta Strukturnya Lengkap

Di bawah ini merupakan beberapa contoh mengenai teks eksplanasi mengenai budaya yang disertai dengan strukturnya. 

Kita juga harus tau bahwa ada 3 struktur dalam sebuah teks eksplanasi. Yakni dimulai dengan pernyataan umum, lalu sebab akibat dan kemudian diakhiri dengan interpretasi. Dan berikut adalah contoh teks eksplanasi budaya yang telah dirangkum admin Info Edukasi:

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya Batik Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya Batik Beserta Strukturnya
Kesenian batik Indonesia | Pixabay masbebet
Pernyataan Umum
Batik adalah bentuk seni Indonesia yang populer. Tidak hanya warna dan coraknya saja yang indah, tetapi juga seni batik memiliki keunikan tersendiri. Batik memiliki sejarah yang menarik, dan kamu juga dapat mempelajari jenis-jenis desain batik Indonesia melalui kunjungan ini.

Menurut para ahli, batik karena memang awalnya terdiri dari gambar titik-titik. Batik juga berasal dari kata Jawa tritik, yang mengacu pada proses pencelupan. Batik adalah metode memberikan kain dan tekstil berbagai desain, menggunakan metode mengikat dan menjahit sebelum mewarnai atau waxing kain.

Sebab Akibat
Ada variasi tak terbatas dari seni Indonesia yang rumit ini. Batik telah beradaptasi secara terus menerus hingga di zaman modern.

Secara tradisional, batik digunakan untuk membuat kain, tetapi karena budaya batik yang semakin populer, seniman juga membuat lukisan batik di perabot rumah tangga, aksesori rumah tangga, taplak meja, sarung bantal, serta sarung yang eksotis dan modern.

Belakangan ini, batik disesuaikan dengan kain dan lilin yang digunakan. Pewarna tradisional telah digantikan oleh pewarna kimia. Bahkan teknik tulisan tangan yang dikenal sebagai batik tulis telah diganti dengan batik cap, menggunakan stempel tembaga khusus untuk mencetak batik pada kain.

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya Bagian Interpretasi
Budaya batik sekarang sudah digunakan di berbagai kebutuhan, bukan hanya untuk pakaian saja. Jika dahulu batik dibuat dengan alat tradisional seperti canting didukung oleh kuas cat dan penetes dalam mengembangkan batik, maka sekarang batik bisa digunakan dengan stempel yang lebih praktis.

Batik memang sudah tidak lagi dibuat dengan metode tradisional namun di sisi lain, motif batik juga digunakan di berbagai barang-barang yang manusia butuhkan sehingga batik secara tidak langsung menjadi budaya yang tidak terpisahkan dari identitas Indonesia. 

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Bali Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Bali Beserta Strukturnya
Budaya dan tradisi di Bali | Pixabay masbebet
Pernyataan Umum
Agama utama dalam budaya Bali adalah Hindu, tetapi sangat berbeda dengan agama Hindu India. Di Bali, agama lebih dekat dengan apa yang bisa disebut "animisme": kepercayaan pada jiwa dari segala sesuatu di alam.

Dalam budaya Bali, Hari Raya Nyepi adalah "Hari Hening" yang dirayakan pada bulan Maret setiap tahun. Hari ini setara dengan Hari Tahun Baru untuk kalender lunar Bali dan juga merupakan hari libur umum di Indonesia. 

Sepanjang hari, semua kegiatan dan bisnis dihentikan, lampu dimatikan, dan secara hukum tidak ada yang berhak keluar ke jalan.

Sebab Akibat
Budaya Bali sebagian besar dipengaruhi dengan agama Hindu. Itulah sebabnya dalam budaya Bali, orang sangat berhati-hati dan menghormati alam, karena segala sesuatu memiliki dewa yang hidup di dalamnya.

Budaya dan agama Bali juga sangat meriah: upacara, festival desa, ziarah, tarian, upacara penyucian dan juga kremasi untuk menghormati orang mati.

Kalender perayaan di Bali sangat kaya akan berbagai acara keagamaan, untuk menghormati dewa dan ritual yang sangat berbeda.

Seperti disebutkan di atas, budaya Bali sangat kaya dan kalender perayaan ditandai dengan banyak upacara. Beberapa dari peringatan budaya Bali berbasis lokal, melekat pada kuil tertentu atau acara keluarga pribadi seperti pernikahan, upacara "penambalan gigi" atau kremasi.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya Daerah Beserta Strukturnya Bagian Interpretasi
Budaya Bali memang erat kaitannya dengan agama, seperti Galungan dan Kuningan. Dua kali setahun, budaya Bali merayakan hari raya keagamaan selama sepuluh hari yang disebut Galungan. Galungan adalah perayaan penciptaan alam semesta, kemenangan antara kebaikan melawan Kejahatan.

Dalam budaya Bali, arwah para leluhur akan kembali ke bumi di pura dan tempat tinggal mereka yang dulu, sehingga masyarakat Bali berusaha semaksimal mungkin untuk menyambut mereka dengan cara yang terbaik, melalui doa dan dengan sesaji.

Hari terakhir adalah Kuningan, saat para leluhur meninggalkan Bumi, hingga Galungan berikutnya. Hampir semua budaya Bali pasti akan erat kaitannya dengan tradisi-tradisi agama.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tari Kecak Beserta Strukturnya 

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tari Kecak Beserta Strukturnya
Budaya kesenian Tari Kecak Bali | Pixabay SZimmermann_DE
Pernyataan Umum
Budaya yang dinamis dan unik dari tarian Bali menjadikan pulau ini sebagai tanah dengan budaya yang makmur dan kaya akan tradisi, norma, dan praktik. Di antara budaya Bali yang kaya dan hidup, tarian Bali, khususnya Tari Kecak menjadi tarian yang menghibur, dan mengasyikkan.

Tarian kecak adalah hal yang tidak boleh dilewatkan ke Bali. Tari Kecak telah menarik dan memukau para pengunjung dan wisatawan di Bali. Wisatawan lebih memilih menonton pertunjukan Tari Kecak sebagai hal terbaik untuk dilakukan di Bali.

Kecak adalah pertunjukan budaya seni tari yang dirancang khusus karena para penari tampil seperti kesurupan. Tari Kecak adalah pertunjukan di mana alur cerita dari Ramayana sesuai dengan Mitologi Hindu akan divisualisasikan melalui tarian. Lalu apa yang membuat tari kecak ini menarik?

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Sebab Akibat
Tari Kecak Bali adalah tarian tradisional yang dibawakan dalam bentuk kesurupan dan itulah yang membuat tarian ini disukai. Pencipta dan pengembang Tari Kecak Api adalah Wayan Limbak, yang didukung dari pelukis Jerman Walter Spies.

Berkat dua seniman itu, maka Tari Kecak terkenal di seluruh dunia dan pertunjukannya bahkan sering diundang di berbagai event-event skala global.

Wayan Limbak mulai membentuk tari kecak pada tahun 1920-an dan direalisasikan pada tahun 1930-an. Kemudian kecak membuat banyak orang terpesona dengan gerakan-gerakan dari para penarinya.

Interpretasi
Tari kecak adalah praktik tradisional dan budaya yang berharga dari masyarakat Bali. Semua tarian Bali terinspirasi oleh cerita rakyat dan kepercayaan mitologi Bali kuno dan Hindu. Tari Kecak juga merupakan tarian yang terinspirasi dari cerita Ramayana.

Pertunjukan ini terutama berfokus pada kisah penculikan Dewi Sita oleh Raksasa Rawan dan perang antara Rama dan Rahwana di mana kera suci 'Banar Sena' berperang melawan tentara jahat raksasa Rahwana.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Jawa Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Jawa Beserta Strukturnya
Tradisi Grebeg Suro Girikusumo Demak | ANTARA News Aji Styawan
Pernyataan Umum
Suku Jawa merupakan suku bangsa yang dominan di Indonesia. Budaya Jawa memiliki kekuatan yang turut mempengaruhi budaya nasional.

Pulau Jawa memiliki luas kira-kira seukuran negara Inggris. Sekitar 63% dari pulau Jawa, 25% dari permukaannya dikhususkan untuk pertanian karena dipenuhi dengan sawah. Dataran pesisir utara menghadap ke Laut Jawa. 

Berjumlah antara 60-80 juta orang, penduduk Jawa ternyata menyumbang lebih dari 40% total penduduk Indonesia. Dengan kekuatan inilah, budaya Jawa turut menguasai kebudayaan di Indonesia. 

Sebab Akibat
Mengapa kebudayaan Jawa sangat mendominasi Indonesia? Ternyata tidak lain karena jumlah populasinya yang banyak di Indonesia. 

Pada abad kelima belas masehi, pelabuhan pantai utara Jawa jatuh di bawah pengaruh Malaka Muslim, dan di bawah kekuasaan keturunan pedagang Muslim non-Jawa. Pemerintah Belanda menguasai Jawa pada tahun 1830-an. 

Ledakan populasi mengubah tiga juta orang Jawa pada tahun 1800 menjadi 28 juta pada tahun 1900. Orang Jawa memimpin gerakan Islam dan nasionalis yang menentang kolonialisme sejak awal abad kedua puluh.

Banyak sekali budaya-budaya Jawa yang dilestarikan oleh masyarakatnya seperti peringatan satu suro. yang dianggap sebagai hari istimewa dalam budaya Jawa. Menjelang liburan, orang-orang begadang semalaman menyaksikan prosesi seperti kirab pusaka. 

Banyak juga yang bermeditasi di gunung atau pantai. Selain itu, setiap bulan Maulid Nabi budaya Yogya dan Solo juga mengadakan Pekan Raya Sekaten seminggu sebelum tanggal tersebut. Ya, ada banyak sekali kebudayaan di Jawa yang masih dipegang hari ini.

Teks Eksplanasi Tentang Budaya Struktur Interpretasi
Kebudayaan Jawa yang muncul dalam beberapa tradisi dan peringatan ini masih dilestarikan oleh masyarakatnya hingga hari ini. Kebudayaan Jawa yang hadir di Indonesia dan muncul di mana-mana tidak lain karena memang suku Jawa menyumbang populasi terbesar di negara ini.

Tidak heran jika suku Jawa ini tersebar hingga ke berbagai wilayah Indonesia mulai Sumatera hingga Papua sekalipun. Kebudayaan Jawa juga sudah tumbuh mengakar dan dilestarikan sampai detik ini.

Selain budaya, kamu juga bisa menuliskan tema apapun dalam teks eksplanasi. Contoh fenomena budaya populer dalam masyarakat misalnya, kamu bisa menuangkannya sebagai teks eksplanasi. Kamu tidak harus menuliskan teks eksplanasi tentang budaya saja, angkat juga tema lainnya.

Komentar

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]