Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Beserta Strukturnya

No Comment Agustus 29, 2022
Daftar Isi
Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Beserta Strukturnya - Ketika hendak membuat teks eksplanasi, tidak banyak orang paham jika hanya membaca teorinya saja, sehingga contoh teks eksplanasi sosial akan sangat membantu seseorang untuk memahaminya lebih dalam. Sebelum beralih pada contoh-contohnya, kamu perlu tahu bahwasannya teks eksplanasi memiliki strukturnya sendiri. 

Struktur dari teks jenis ini ada tiga, yakni pernyataan umum sebagai pembuka, kemudian urutan sebab - akibat sebagai isi, dan yang terakhir interpretasi alias penutup. Jadi, ketika kamu ingin membuat teks jenis ini, jangan sampai lupa untuk mengikuti strukturnya. 

Baca juga:

Kumpulan Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Singkat Beserta Strukturnya Lengkap Dengan Gambarnya


1. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Gotong Royong

Fenomena Sosial Gotong Royong
Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Beserta Strukturnya
Ilustrasi gotong royong menyemarakkan kemerdekaan RI | Google Doodle
Pernyataan Umum
Gotong royong merupakan istilah yang digunakan oleh masyarakat untuk menyebut sebuah aktivitas sosial berasaskan kekeluargaan dan kebersamaan. Dengan adanya aktivitas ini, dapat diambil sebuah pembelajaran, bahwasannya suatu permasalahan bisa diselesaikan tanpa adanya kesulitan apabila dikerjakan bersama-sama. 

Urutan Sebab - Akibat
Fenomena sosial gotong royong dilakukan dengan tujuan untuk kepentingan bersama atau kepentingan publik. Awal mula terjadinya kegiatan sosial ini sudah ada sejak masa kerajaan ratusan tahun yang lalu. 

Namun, di masa kerajaan dulu, kegiatan gotong royong hanya dilakukan oleh rakyat biasa, sedangkan kalangan bangsawan tidak ikut berpartisipasi. Sementara sekarang ini, kondisi tersebut telah berubah drastis, karena seluruh lapisan masyarakat akan terjun dan berpartisipasi dalam gotong royong. 

Dengan begitu, rasa kekeluargaan akan semakin terasa, apalagi jika kegiatan ini didukung dengan peraturan gotong royong. Kegiatan ini masih sering dilakukan di kalangan masyarakat pedesaan. 

Interpretasi
Kegiatan gotong royong merupakan fenomena sosial yang dapat menimbulkan dampak positif, karena selain menjadikan lingkungan bersih, masyarakat bisa bersosialisasi dan menjadi lebih sehat serta nyaman hidup di lingkungan tersebut. 

2. Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Kemiskinan

Fenomena Sosial Kemiskinan
Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Kemiskinan
Kemiskinan karena menjadi korban perang | Pixabay Dieterich01
Pernyataan Umum
Kemiskinan ialah sebuah keadaan yang dialami oleh masyarakat dimana penghasilan sangat rendah, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok mereka dalam kehidupan sehari-hari. Kebutuhan pokok yang dibutuhkan setiap harinya adalah papan, sandang, pangan, dan juga pendidikan. 

Secara umum, masyarakat yang hidup di garis kemiskinan ekstrim tinggal di tempat-tempat yang tidak semestinya, mulai dari kolong jembatan, gubuk, atau bahkan di pinggiran sungai. 

Tak jarang juga mereka yang tidak memiliki biaya untuk membangun rumah di tanah sendiri akan membuat tempat tinggal alakadarnya di atas tanah milik negara. 

Kemiskinan masih banyak ditemukan bahkan di seluruh penjuru dunia, terlebih lagi di negara-negara berkembang yang masih minim sumber daya manusia dan lapangan pekerjaan, contohnya saja Indonesia. 

Urutan Sebab – Akibat
Penyebab masih adanya kemiskinan di Indonesia terdiri dari beberapa faktor di antaranya adalah karena keterbatasan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari serta alat-alat dan kelengkapan pendidikan. 

Tak hanya itu saja, hal tersebut juga dapat terjadi karena adanya musibah, kemudian perbudakan, kebangkrutan, peperangan, dan struktur sosial. Di Indonesia, perilaku yang mendominasi dan struktur sosial tidak seimbang juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kemiskinan. 

Faktor struktur sosial memang sudah ada sejak dulu dan hal ini lebih mengarah pada masalah turun-temurun dari pihak keluarga, sehingga jika tidak memutus rantai tersebut maka kemiskinan akan terus ada dan terus diwariskan kepada keturunan. 

Hal yang menjadi faktor lain tingginya kemiskinan di Indonesia adalah gengsi, perilaku konsumtif, dan juga pengeluaran yang tidak sesuai bahkan melebihi pemasukan sehingga terjadi pembengkakan yang tidak mampu diatasi. 

Interpretasi
Kemiskinan bisa diberantas dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait keadaan mereka, sehingga tidak gelap mata untuk membelanjakan uang sehingga pengeluaran jauh lebih besar daripada pemasukan. 

Sifat-sifat buruk yang menunjang terjadinya kemiskinan juga perlu dihindari, misalnya saja gengsi. Pasalnya, dengan sifat tersebut manusia tidak akan merasa puas dan ingin terus-menerus menuruti gengsi. 

Selain itu, meningkatkan sumber daya manusia juga menjadi solusi terbaik untuk memberantas kemiskinan, karena dengan SDM yang baik setiap orang bisa mendapatkan pekerjaan yang baik pula. Dengan begitu, kemiskinan bisa berangsur menghilang dan masyarakat bisa hidup makmur serta sejahtera. 

3. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Singkat Beserta Strukturnya

Fenomena Sosial Pengangguran
Pernyataan Umum
Pengangguran menjadi salah satu isu nasional yang paling sering menjadi bahan perbincangan, karena keberadaannya sangat sulit untuk diatasi. Bahkan hingga saat ini, pemerintah masih terus menggali solusi efektif untuk mengatasi hal tersebut secara tuntas. 

Berbagai macam upaya sudah dilakukan oleh pemerintah sejak lama untuk mengatasi pengangguran, mulai dari membuat program usaha untuk daerah, mengadakan pelatihan, membuka lapangan pekerjaan, namun hasilnya masih belum maksimal. 

Urutan Sebab – Akibat
Tingkat pengangguran yang sangat tinggi di Indonesia terjadi karena beberapa faktor dan salah satu faktor kuat adalah pertumbuhan ekonomi negara yang tidak pernah sejalan dengan jumlah masyarakat, khususnya mereka yang berada di usia produktif. 

Selain itu, masih ada faktor lain yang mendukung terjadinya fenomena sosial ini, yakni sumber daya manusia yang dinilai belum mampu untuk memenuhi ekspektasi dunia kerja, sementara tingkat persaingannya dari masa ke masa semakin tinggi. 

Tingkat pengangguran dari tahun ke tahun selalu meningkat akan memberikan dampak negatif, di antaranya meningkatkan angka kemiskinan dan bahkan mampu menurunkan tingkat kesehatan masyarakat. 

Selain itu, peningkatan angka kriminalitas juga menjadi dampak terburuk dari tingginya angka pengangguran di Indonesia. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya pengangguran yang lebih memilih jalan pintas, yakni melakukan tindak kriminal untuk menyambung hidup. 

Interpretasi
Pengangguran sangat mendominasi dalam memberikan dampak buruk terhadap negara, sehingga tak hanya pemerintah saja yang perlu mencari solusi terbaik namun masyarakat juga perlu ikut berpartisipasi. 

Salah satu hal yang dapat dilakukan masyarakat sebagai cara mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia adalah dengan mendorong dan mengarahkan anak sesuai bakat serta minatnya. Meningkatkan kualitas pendidikan anak juga dapat memberikan solusi terhadap peristiwa sosial ini. 

4. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Di Sekolah

Fenomena Sosial Kenakalan Remaja
Pernyataan Umum
Masa remaja merupakan salah satu fase yang akan dilalui oleh orang-orang dan di masa ini mereka akan disibukkan oleh pembelajaran guna mencari jati diri sendiri. Maka dari itu, sangat tidak heran apabila di masa ini anak-anak rentan dengan berbagai macam hal, tanpa terkecuali tindak kejahatan. 

Urutan Sebab – Akibat
Karena sangat rentan terhadap berbagai macam hal, tentunya pada masa remaja anak-anak perlu dibina dengan benar. Pasalnya, apabila tidak dibina dengan benar, kemungkinan besar mereka akan mengalami fenomena sosial “Kenakalan Remaja”. 

Di masa sekarang ini kenakalan remaja bukanlah hal baru, bahkan tindak asusila yang mereka lakukan sudah bukan rahasia lagi, bahkan dilakukan di tempat-tempat ibadah. Faktor penyebab terjadinya kenakalan remaja ini salah satunya adalah kurangnya pengawasan dari pihak yang bertanggung jawab, terlebih dari pihak keluarga. 

Keluarga adalah lingkungan pertama dan terdekat dari seorang anak, sehingga dari sanalah mereka pertama kali mendapatkan sosialisasi terkait kehidupan. Perhatian dari orang tua yang kurang perihal bimbingan, menjadi faktor besar penyebab munculnya kenakalan remaja. 

Hal tersebut juga didukung oleh lingkungan sekitar, karena keadaan lingkungan sekitar sangat berpengaruh pada masa remaja. Jika lingkungan sekitar memberi contoh yang baik, maka secara otomatis anak-anak di usia remaja akan mengikutinya dan sebaliknya. 

Interpretasi
Tak hanya dari keluarga dan lingkungan, pendidikan berperan sangat penting, sehingga wajib memberikan pendidikan seksual dengan benar sedini mungkin untuk menghindari adanya tindak asusila yang dilakukan oleh anak-anak remaja. 

Dengan Kerjasama yang dilakukan oleh keluarga, lingkungan sekitar, dan lembaga pendidikan, maka sudah seharusnya isu-isu nasional terkait kenakalan remaja dapat diatasi secara maksimal. 

5. Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tawuran

Fenomena Sosial Tawuran Antar Pelajar
Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tawuran
Tawuran pelajar | kontenjateng.com
Pernyataan Umum
Tawuran antar pelajar merupakan salah satu fenomena sosial yang sering terjadi di lingkup pendidikan. Fenomena sosial berupa bentrokan fisik antar pelajar dikarenakan adanya konflik di antara mereka yang sangat meresahkan. 

Terdapat tiga jenis tawuran antar pelajar, mulai dari tawuran besar, kemudian tawuran antar basis, dan yang terakhir adalah tawuran pelajar melibatkan warga. Jika fenomena sosial ini terjadi, tentunya akan mengakibatkan timbulnya rasa tidak nyaman dan aman, khususnya bagi warga sekitar tempat tawuran. 

Urutan Sebab – Akibat
Terjadinya tawuran antar pelajar bisa terjadi karena beberapa factor, dan salah satu faktor utamanya adalah konflik berkepanjangan antara dua kelompok atau kubu. Biasanya hal ini akan memicu emosi sesaat yang menggebu-gebu bagi setiap anggotanya, sehingga memutuskan untuk adu kekuatan saat tawuran. 

Tidak jarang tawuran antar pelajar menyebabkan kematian dan luka berat yang sangat merugikan. Tak hanya itu saja, kerugian besar juga datang dari fasilitas sekitar karena bisa menyebabkan kerusakan pada kendaraan, kaca gedung, atau rumah-rumah di sekitar tempat tawuran karena ada insiden saling lempar batu. 

Sedangkan dalam aspek mental, tawuran antar pelajar dapat menimbulkan trauma khususnya bagi para pelajar yang menjadi korban, merusak mental mereka, dan bahkan bisa menurunkan kualitas pendidikan di Negara Indonesia. 

Interpretasi
Tentunya solusi untuk bisa menghindari adanya peristiwa sosial ini, perlu adanya keterlibatan guru, sekolah, dan juga orang tua. Peran sekolah dan juga orang sangat mampu meminimalisir terjadinya peristiwa ini, yakni dengan membekali anak-anak pendidikan agama serta budaya. 

Selain itu, orang tua harus memberikan perhatian ekstra kepada anak-anak dan sering memantau kegiatan mereka di luar rumah. Dengan begitu, ketika mereka sudah salah golongan karena mengarah ke hal-hal negatif, orang tua bisa langsung turun tangan. 

6. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Singkat

Fenomena Sosial Anak Jalanan

Pernyataan Umum
Istilah anak jalanan sudah menjadi hal yang familiar di telinga masyarakat Indonesia. Istilah ini ditujukan kepada anak-anak yang hidup di jalanan dan melakukan kegiatan mengemis di traffic light serta berpakaian seperti anak punk. 

Tidak hanya melakukan kegiatan mengemis, sebagian dari mereka juga mencari uang dengan cara menjual makanan, kemudian membersihkan kendaraan yang berhenti di traffic light, dan beberapa kegiatan lainnya yang bisa menghasilkan uang. 

Urutan Sebab – Akibat
Upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan “Anak Jalanan” sudah sangat sering dilakukan, namun fenomena sosial ini kembali terjadi dan terjadi. Beberapa upaya yang dilakukan pemerintah adalah melakukan pembubaran, rehabilitasi, dan juga pembinaan khusus. 

Dengan upaya-upaya tersebut, populasi anak jalanan mulai berkurang, namun tidak bisa hilang begitu saja karena masih banyak ditemukan di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta. 

Faktor utama yang menyebabkan terjadinya masalah sosial ini datang dari lingkungan, karena kebanyakan anak-anak jalanan tersebut mengalami permasalahan di lingkungan keluarga atau biasa disebut sebagai anak “Broken Home”. 

Maraknya masalah sosial ini membuat anak-anak kekurangan pendidikan, sehingga akhirnya lebih memilih hidup terus-menerus di jalanan. Hal ini tentu sangat berdampak negatif, karena selain mengganggu jalannya lalu lintas, masa depan mereka juga dipertaruhkan. 

Interpretasi
Peristiwa sosial anak jalanan ini sudah sangat mengakar, sehingga sangat sulit untuk meniadakan atau mengubahnya. Hingga pada akhirnya, permasalahan ini menjadi hal serius yang sangat sulit untuk diatasi, apalagi tidak adanya kesadaran baik dari individu masing-masing maupun lingkungan. 

7. Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tentang Narkoba

Fenomena Sosial Tentang Narkoba
Pernyataan Umum
Istilah narkoba digunakan untuk menyebut narkotika dan obat-obatan terlarang yang hingga kini masih marak dikonsumsi oleh orang-orang. Padahal, narkoba sangatlah berbahaya, baik bagi kesehatan maupun kehidupan seseorang karena memberikan dampak buruk. 

Terdapat banyak macam jenis narkoba dan efek sampingnya pun juga berbeda-beda, sehingga jenis ini dan itu belum tentu memiliki dampak yang sama. Namun yang pasti, narkoba memberikan nambak negatif sehingga sangat merugikan. 

Di beberapa negara Eropa, memang narkoba menjadi hal yang legal namun di negara kita, yakni Indonesia penggunaan narkoba sangat dilarang. 

Urutan Sebab – Akibat
Penyebaran narkoba menjadi hal yang sulit untuk diberantas, karena kini semakin banyak cara untuk menyelundupkannya, bahkan di penjara pun sudah terjadi praktik penyelundupan narkoba. 

Seharusnya semua pihak bekerjasama untuk mengatasi hal ini, namun karena terdapat oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dan bahkan memanfaatkan hal tersebut untuk kepentinganserta keuntungan pribadi sehingga pemberantasan narkoba cukup sulit diatasi. 

Upaya yang sudah dilakukan untuk memberantas penggunaan narkoba sejak dini adalah dengan memberikan pendidikan serta sosialisasi tentang bahaya barang haram ini. Selain itu, pihak berwajib juga memberikan pengawasan yang ketat dan memberikan tindakan hukum yang tegas kepada pengedar serta pengguna narkoba. 

Interpretasi
Tindakan mencegah agar orang-orang tidak terjerumus dan menggunakan narkoba tentu menjadi hal yang baik, dibandingkan dengan merehabilitasinya. Pasalnya, ketika sudah direhabilitasi, sudah pasti orang tersebut telah menggunakan narkoba. 

8. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Sampah

Fenomena Sosial Buang Sampah Sembarangan
Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Sampah
Air sungai tercemari oleh sampah | radarutara.id
Pernyataan Umum
Sampah menjadi hal sepele yang memberikan dampak besar karena jika keberadaanya tidak bisa dikondisikan secara maksimal, maka akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Menurut istilah, sampah adalah barang-barang yang sudah tidak dimanfaatkan atau digunakan lagi. 

Urutan Sebab – Akibat
Keberadaan sampah memang sangat mudah ditemukan di lingkungan masyarakat, karena di setiap rumah pastinya memproduksi sampah. Namun, sampah yang dibiarkan begitu saja dapat memberikan dampak buruk, karena dapat menyebabkan terjadinya bencana alam seperti tanah longsor, kemudian banjir, dan juga menjadi sumber penyakit. 

Tak hanya itu saja, kehadiran sampah yang tidak bisa dikondisikan juga menimbulkan bau tak sedap sehingga terjadi pencemaran udara. Bahkan sampah juga bisa menimbulkan penyakit kronis seperti DBD dan muntaber yang cukup membahayakan jiwa. 

Interpretasi
Karena memberikan dampak yang tidak baik dalam kehidupan, maka tentu saja berhenti membuang sampah sembarangan adalah hal terbaik. Dengan tidak membuang sampah secara sembarang, maka menjadi langkah baik untuk menjaga lingkungan dan alam sekitar dari dampak buruknya. 

Kumpulan teks-teks di atas merupakan Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Beserta Strukturnya. Kalian bisa menggunakan contoh-contoh tersebut sebagai referensi ketika hendak membuat jenis teks yang sama dengan tema sama pula.
Promo Menarik
Thumbnail
Tinta Printer Epson Kemasan Terbaru
Rp20.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
SoftCase HP Aesthetic Murah Untuk Merek Vivo, Oppo, Samsung, Realme
Rp18.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Baju Wanita Muslim - DRESS AYU bahan katun apel - gamis - homey dress - gamis wanita - gamis busui - dress - dress muslim - gamis muslim - dress wanita - dress menyusui
Rp60.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Tas Selempang Wanita Sophie Fairiese T3036P3 Esmonia Lopper Hardware Gold Original Seri E1416 U2R2
Rp45.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Sandal Wanita Modis Hak Tahu Kepang Terlaris
Rp.40.0000 RpXX.000
Cek disini

Komentar

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]