Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Beserta Strukturnya

No Comment Agustus 26, 2022
Daftar Isi
Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Beserta Strukturnya - Secara umum, teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang berisi tentang suatu proses terjadinya sebuah peristiwa alam, ilmu pengetahuan, budaya, sosial, dan yang lainnya beserta alasannya. Contoh teks eksplanasi alam akan memberikan kalian pemahaman lebih terkait teks jenis ini. 

Peristiwa alam yang terjadi di sekitar kita sangat beragam, mulai dari tsunami, banjir, tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk lebih memahami bagaimana sebenarnya teks eksplanasi alam, silahkan simak daftar contoh berikut ini: 

Baca juga:

Kumpulan Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Singkat Beserta Strukturnya Lengkap Dengan Gambarnya

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Beserta Strukturnya

1. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Tentang Tanah Longsor

Fenomena Tanah Longsor

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Tentang Tanah Longsor
Fenomena bencana alam tanah longsor | Pixabay juhele
Pernyataan Umum
Tanah longsor ialah peristiwa alam geologi yang biasa terjadi di area pegunungan dan penyebab terjadinya adalah adanya pergerakan tanah atau batuan massa. Tanah longsor terdiri dari berbagai macam, misalnya saja jatuhnya bebatuan, gumpalan tanah berukuran besar, dan lain sebagainya. 

Pada umumnya, terdapat dua faktor yang mengakibatkan peristiwa alam tanah longsor dapat terjadi, yakni faktor pemicu dan pendorong. Faktor pemicu terjadinya peristiwa ini adalah hal-hal yang menyebabkan material pembuat longsor bergerak. 

Sedangkan faktor pendorongnya ialah hal-hal yang mempengaruhi kondisi materinya. Namun, meskipun ada dua faktor tersebut, nyatanya penyebab tanah longsor paling utama adalah gravitasi yang mempengaruhi lereng curam. 

Urutan Sebab – Akibat
Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang seringkali mengalami bencana alam tanah longsor dan kebanyakan peristiwa ini disebabkan oleh curah hujan tinggi serta gempa bumi. Fenomena alam gempa bumi membuat lempeng-lempeng yang ada di bawah tanah bergeser, sehingga mengakibatkan tanah longsor. 

Proses terjadinya fenomena alam tanah longsor diawali dengan meresapnya air hujan ke dalam tanah, sehingga beban di dalam tanah terpengaruh dan melebihi batas maksimal dalam mengandung air. 

Dengan begitu, tekstur tanah berangsur-angsur akan berubah dan ketika air sudah masuk lapisan tanah yang kedap air, maka tanah akan berubah menjadi lebih licin lagi. Maka dari itu, akan ada pergerakan tanah dalam waktu yang cepat.

Pada akhirnya, permukaan tanah akan mengalami pelapukan, begitu juga dengan struktur lapisan tanahnya secara keseluruhan. Hal tersebutlah yang mengakibatkan terjadinya pergerakan signifikan pada tanah hingga mampu keluar lereng dan mengakibatkan tanah longsor. 

Interpretasi
Bencana alam tanah longsor merupakan salah satu fenomena alam yang merugikan, karena dapat menghilangkan harta benda, kerusakan gedung, akses kendaraan terputus, bahkan adanya korban jiwa. 

Ketika fenomena alamini terjadi, akan sangat sulit untuk menyelamatkan diri dikarenakan kecepatan tanah longsor bisa mencapai 100 km per jam. Bahkan jika ada korban yang selamat, biasanya akan mengalami trauma cukup parah mengenai peristiwa ini. 

2. Contoh Teks Eksplanasi Alam Singkat Tentang Hujan Es

Fenomena Alam Hujan Es
Contoh Teks Eksplanasi Alam Singkat Tentang Hujan Es
Fenomena alam hujan es
Pernyataan Umum
Hujan es merupakan sebuah peristiwa yang jarang terjadi di Indonesia, namun beberapa wilayah sudah pernah mengalaminya. Dalam ilmu meteorologi, fenomena alam yang jarang terjadi di Indonesia ini disebut dengan “Hail” atau “Presipitasi yang terdiri atas bola-bola es”. 

Peristiwa alam ini terjadi karena adanya proses pembentukan, yakni melalui kondensasi uap air yang berada di atmosfer bumi dengan lapisan di level lebih tinggi dari level beku. 

Urutan Sebab – Akibat
Rimming merupakan proses lain dari terjadinya peristiwa hujan es, yakni ketika uap air tertarik ke permukaan benih-benih es. Hal tersebut dikarenakan adanya proses pengembunan secara dadakan, sehingga membuat bola-bola es berukuran besar. 

Selain itu, terdapat pula hujan es yang disertai dengan kehadiran angin puting beliung dan penyebabnya adalah awan sel tunggal berlapis alias CB yang jaraknya sangat dekat dengan permukaan bumi. 

Tak hanya berasal dari awan sel tunggal berlapis, kehadiran hujan es juga bisa disebabkan oleh awan multi sel yang tumbuh secara vertikal. Luas area hujan es secara horizontal diperkirakan sekitar 3 sampai dengan 5 meter dan berlangsung setidaknya 3 sampai dengan 5 menit saja. 

Awan yang mengandung uap air dan tertiup angin menuju area dingin, secara otomatis akan mencapai titik embun alias dew point sehingga akhirnya mengembun. Karena terlalu berat, air embun tersebut akan jatuh sebagai hujan.

Ketika telah menjadi hujan dan tertiup angin thermis dengan temperatur di bawah titik beku, maka butiran air tersebut akan langsung membeku sehingga menjadi es. 

Interpretasi
Memang di Indonesia peristiwa alam hujan es sangat jarang terjadi, bahkan hanya di beberapa wilayah saja. Akan tetapi, kehadirannya yang tidak terduga-duga dengan ukuran besar dapat menimbulkan kerusakan parah, mulai dari kerusakan pada kaca, kemudian menghambat penerbangan, dan lain sebagainya. 

3. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Tsunami

Fenomena Alam Tsunami
Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Tsunami
Fenomena alam bencana tsunami | Unsplash Matt Paul Catalano
Pernyataan Umum
Tsunami adalah istilah yang berasal dari bahasa Jepang, yakni “Tsu” yang berarti pelabuhan dan “Nasmi” yang memiliki arti gelombang. Biasanya, para ilmuan yang ahli dalam bidang ini mengartikan fenomena ala mini dengan sebutan “Tidal Wave” alias “Gelombang Pasang” atau “Seismic Sea Waves” atau “Gelombang Laut Akibat Gempa”.

Secara umum, masyarakat mengartikan tsunami sebagai gelombang besar laut yang datang secara tiba-tiba, karena kecepatannya sangat tinggi menuju kawasan pantai. Fenomena alamini terjadi diakibatkan oleh dua hal, yakni aktivitas gunung berapi dan gempa bumi di bawah laut. 

Urutan Sebab – Akibat
Ketika terjadi gempa bumi dan hal tersebut terjadi di bawah laut, kemudian permukaan dasar laut naik turun di sepanjang patahan, maka saat itulah tsunami akan terbentuk. Patahan tersebutlah yang menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan air laut. 

Patahan yang berukuran besar juga dapat menghasilkan gelombang air laut lebih besar. Beberapa saat setelah terjadinya peristiwa gempa bumi, air laut akan mengalami surut dan tidak berselang lama air laut akan kembali ke daratan dalam bentuk gelombang besar alias tsunami. 

Selain itu, gelombang besar ini juga dapat terjadi karena adanya aktivitas gunung berapi, yakni letusan di dasar laut. Kecepatan gelombang tsunami jauh lebih besar jika dibandingkan dengan gelombang biasa alias ombak, bahkan ada juga yang sampai 700 km per jam. 

Kecepatan tersebut hampir sama dengan kecepatan pesawat terbang, sehingga sangat sulit untuk menghalaunya. Sedangkan ketinggian gelombang tsunami biasanya sekitar 50 meter sampai dengan 100 meter dan menyebar ke semua arah. 

Interpretasi 
Tsunami menjadi peristiwa alam yang sangat berbahaya dikarenakan kerugian atas kejadian ini sangatlah besar. Tak hanya kerusakan alam yang akan terjadi, tapi gelombang besar ini juga akan memakan korban jiwa hingga ribuan nyawa. 

4. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Pelangi

Fenomena Alam Pelangi
Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Pelangi
Fenomena alam pelangi | Unsplash Gerhard Kupfer
Pernyataan Umum
Pelangi disebut juga dengan nama lain, yakni bianglala merupakan sebuah fenomenal alam yang dapat terjadi disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari oleh air. Pelangi terdiri dari beragam warna yang indah, saling sejajar, dan tampak di langit. 

Umumnya, bentuk pelangi menyerupai busur dan kedua ujungnya mengarah pada dua titik yang berbeda. Ketika fenomena alam ini terjadi, maka Pelangi akan tampak seperti busur cahaya dengan kedua ujung mengarah horizontal. 

Kemunculan fenomena alam bianglala ini biasanya ketika hujan ringan ataupun setelah hujan. Tak jarang pelangi bisa terlihat di sekitar air terjun, karena adanya pembiasan cahaya matahari oleh percikan-percikan air terjun. 

Urutan Sebab – Akibat
Kemunculan fenomena alam pelangi disebabkan oleh cahaya yang membias, kemudian pembiasan tersebut menyimpang menjauhi partikel. Saat matahari mulai terbenam, keadaan langit akan berubah menjadi memerah disebabkan sinar matahari melewati atmosfer yang lebih tebal dibandingkan sebelumnya. 

Pelangi tidak akan muncul ketika cuaca mendung dan di malam hari, hal tersebut menandakan bahwasannya kemunculan fenomena alam ini jelas disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari. Pasalnya, ketika mendung dan di malam hari, tidak ada pembiasan cahaya matahari sama sekali. 

Proses terbentuknya pelangi diawali dengan cahaya matahari yang melewati tetes-tetes air hujan, kemudian terjadilah pembiasan atau pembelokkan ke tengah tetes hujan. Dengan proses tersebut, membuat cahaya putih yang biasanya terlihat akan berubah menjadi warna spektrum. 

Interpretasi
Pelangi atau bianglala akan terlihat ketika kondisi hujan dan matahari bersinar dari sisi berlawanan dengan arah kita menghadap, sehingga posisi haruslah berada di antara tetesan air hujan dan matahari tepat berada di belakang kita. 

Secara sederhana, jika kita ingin melihat fenomena alamini, maka pengamat pelangi, matahari, dan juga pusat busur pelangi haruslah berada di satu garis lurus. Dengan demikian, kita akan lebih mudah menikmati keindahan pelangi secara jelas. 

5. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Banjir Bandang

Fenomenaa Alam Banjir Bandang
Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Banjir Bandang
Fenomenaa bencana alam banjir bandang | Unsplash Chrish Gallagher
Pernyataan Umum
Banjir bandang merupakan kenampakan alam yang ditandai dengan naiknya air hingga menutupi permukaan tanah di wilayah tertentu. Peristiwa alam ini termasuk ke dalam bagian siklus hidrologi, yang merupakan siklus air di permukaan bumi dan mengalir menuju ke laut. 

Melalui siklus hidrologi air, maka dapat dipahami bahwa tinggi rendahnya kapasitas air yang ada di permukaan bumi akan dipengaruhi dengan penyerapan air dalam tanah dan curah hujan. 

Urutan Sebab – Akibat
Banjir dapat terjadi dikarenakan dua faktor, yang pertama yakni datang secara alamiah dan kedua terjadi karena faktor non-alamiah. 

Secara alamiah, peristiwa alam banjir bandang dapat terjadi dikarenakan hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu di satu daerah tangkapan. Sementara itu, banjir bandang yang terjadi karena faktor non-alamiah disebabkan oleh ulah manusia terhadap alam. 

Secara alamiah proses terjadinya banjir dimulai dari fenomena turunnya ke permukaan bumi, kemudian air tersebut akan tertahan dan dikonsumsi oleh berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Selanjutnya, air tersebut akan masuk meresap ke dalam tanah dan mengalir ke tempat atau area-area yang lebih rendah. 

Setelah itu, terjadilah proses penguapan karena adanya panas matahari dan air mulai keluar ke permukaan. Sedangkan proses terjadinya banjir bandang secara non-alamiah akibat ulah manusia diawali dari berbagai tindakan merusak alam, misalnya saja membuang sampah sembarangan. 

Sampah yang dibuang sembarangan atau tidak pada tempatnya dapat menyebabkan aliran air menjadi tersumbat, sehingga air akan terapung di tempat pembuangan karena tidak bisa meresap ke dalam tanah. 

Seiring berjalannya waktu, air yang tidak dapat meresap ke dalam tanah atau mengalir tersebut akan semakin menguap tinggi, sehingga keluar ke permukaan. Keluarnya air ke permukaan tanah yang terus-menerus akan menyebabkan terjadinya banjir bandang. 

Peristiwa awal banjir akan memberikan dampak kepada alam dan lingkungan, yakni dampak primer, dampak sekunder, dan yang terakhir dampak tersier atau dampak jangka panjang. Adapun contoh dari ketiga dampak tersebut adalah sebagai berikut ini:
  1. Dampak primer: terjadinya kerusakan fisik yang menyebabkan kerugian berupa materi, yakni rusaknya jalan raya, jembatan, bangunan, dan juga kendaraan. 
  2. Dampak sekunder: munculnya penyakit, kurangnya persediaan air bersih serta pangan, lumpuhnya transportasi, dan juga terjadinya gagal panen. 
  3. Dampak tersier: jumlah wisatawan akan berkurang drastis karena terjadinya bencana alam banjir, sehingga membuat ekonomi runtuh. Pengeluaran dalam jumlah besar karena harus melakukan pembangunan ulang kembali dan kelangkaan bahan pangan. 

Interpretasi
Banjir memang seperti tidak begitu mengancam, namun pada beberapa kondisi peristiwa alam ini bisa mengakibatkan korban jiwa. Kerugian yang disebabkan oleh terjadinya banjir bandang tidak hanya berimbas pada perseorangan saja melainkan banyak orang. 

Peristiwa banjir bandang yang disebabkan oleh faktor alamiah memang sulit dihindari, namun kita bisa menghindari terjadinya banjir oleh faktor non-alamiah dengan lebih peduli terhadap lingkungan. Hindari melakukan kegiatan pembuangan sampah tidak pada tempatnya untuk menghindari terjadinya bencana alam banjir. 

6. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Gempa Bumi

Fenomena Alam Gempa Bumi
Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Gempa Bumi
Fenomena alam bencana gempa bumi | Unsplash Colin Lloyd
Pernyataan Umum
Gempa bumi adalah guncangan yang disebabkan oleh adanya pergerakan dalam perut bumi, yakni lempeng bumi. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa guncangan ketika gempa bumi berlangsung berasal dari dasar bumi. 

Urutan Sebab – Akibat
Fenomena alam gempa bumi sangat sering terjadi di Indonesia, khususnya di wilayah-wilayah dengan lempeng bumi mudah bergeser seperti Pulau Jawa. Gempa bumi dibagi menjadi dua karena faktor pemicu terjadinya berbeda-beda, yakni gempa vulkanik dan tektonik. 

Gempa vulkanik disebabkan oleh aktivitas gunung berapi, sedangkan gempa tektonik terjadi dikarenakan adanya pergerakan lapisan kerak bumi sehingga lempeng bumi mengalami pergeseran. 

Interpretasi
Bencana alam gempa bumi tidak bisa diprediksi secara akurat kemunculannya dan tidak mengenal musim, sehingga kapan saja bisa terjadi. Namun, biasanya bencana alam ini terjadi di wilayah-wilayah tertentu saja, misalnya perbatasan Plat Pacific, karena dikelilingi gunung berapi. 

7. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Pemanasan Global

Fenomena Alam Pemanasan Global
Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Pemanasan Global
Fenomena alam global warming | Unsplash matt palmer
Pernyataan Umum
Pemanasan global ialah kondisi ketika suhu bumi mengalami peningkatan tajam, sehingga kondisi di dalamnya menjadi lebih panas. Peristiwa alam ini disebut juga dengan istilah “Global Warming” dan dampaknya cukup buruk, yakni perubahan iklim yang sangat ekstrim. 

Urutan Sebab – Akibat
Terjadinya peristiwa pemanasan global disebabkan oleh kurangnya bahkan hilangnya kesadaran manusia untuk menjaga alam semesta. Alih-alih memberikan penjagaan ketat terhadap alam semesta, justru banyak manusia yang membuat kerusakan. 

Beberapa penyebab terjadinya peristiwa alam ini adalah karena efek rumah kaca, kemudian peningkatan gas rumah kaca, polusi udara dari kendaraan bermotor dan aktivitas industri, penebangan hutan secara besar-besaran, serta hal-hal lainnya. 

Kenaikan suhu bumi yang terjadi secara esktrim ini mampu membuat perubahan iklim ekstrim pula, sehingga curah hujan mengalami perubahan, terjadinya badai disertai dengan angin, pola cuaca ikut berubah, dan juga bencana alam yang mampu merenggut korban jiwa. 

Dampak terbesar pemanasan global kini sudah mulai dirasakan, misalnya saja mencairnya es di kutub sehingga air laut lambat laun mengalami kenaikan dan membuat beberapa wilayah terendam banjir. 

Interpretasi
Pemanasan global menjadi permasalahan yang serius, karena berdampak kepada seluruh makhluk hidup di muka bumi apabila tidak ada penanganan yang berarti. Tak hanya usaha, manusia juga perlu sadar bahwasannya alam semesta perlu dijaga dan diperhatikan, bukan untuk dirusak. 

Demikian pembahasan mengenai Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Singkat Beserta Strukturnya. Contoh-contoh di atas bisa kamu jadikan referensi untuk membuat teks eksplanasi dengan tema lainnya. Dengan membaca banyak contoh teks eksplanasi, maka akan memudahkanmu dalam proses pembuatannya.
Promo Menarik
Thumbnail
Tinta Printer Epson Kemasan Terbaru
Rp20.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
SoftCase HP Aesthetic Murah Untuk Merek Vivo, Oppo, Samsung, Realme
Rp18.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Baju Wanita Muslim - DRESS AYU bahan katun apel - gamis - homey dress - gamis wanita - gamis busui - dress - dress muslim - gamis muslim - dress wanita - dress menyusui
Rp60.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Tas Selempang Wanita Sophie Fairiese T3036P3 Esmonia Lopper Hardware Gold Original Seri E1416 U2R2
Rp45.000 RpXX.000
Cek disini
Thumbnail
Sandal Wanita Modis Hak Tahu Kepang Terlaris
Rp.40.0000 RpXX.000
Cek disini

Komentar

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]