Urutan Cara Melakukan Gerakan Lompat Jauh Beserta Gambarnya

No Comment Desember 08, 2021
Urutan Cara Melakukan Gerakan Lompat Jauh Beserta Gambarnya - Lompat jauh adalah gerakan melompat ke depan atas dengan menggunakan teknik dan gerakan tertentu supaya dapat mendarat di jarak yang sejauh mungkin. Lompat jauh merupakan salah satu olahraga melompat yang juga termasuk dalam cabang olahraga atletik.

Tujuan utama lompat jauh adalah mencapai jarak lompatan yang sejauh-jauhnya menggunakan tumpuan pada salah satu kaki, serta diimbangi dengan kekuatan, kecepatan, dan penguasaan teknik lompatan yang baik.

Dalam lompat jauh, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh para atlet supaya bisa melakukan lompat jauh dengan baik dan benar. Bagaimana cara melakukan gerakan lompat jauh? Berikut ini akan kami jelaskan cara melakukan lompat jauh.

Baca juga:

4 Teknik Dasar Lompat Jauh Dan Urutan Cara Melakukan Gerakan Lompat Jauh Beserta Gambarnya

Urutan Cara Melakukan Gerakan Lompat Jauh Beserta Gambarnya
Contoh gambar gerakan lompat jauh

Urutan tahapan gerakan lompat jauh dibagi menjadi empat, yaitu teknik dasar lompat jauh berupa awalan, tolakan, sikap melayang di udara, dan pendaratan.

Selain itu, terdapat 3 gaya lompat jauh yang sering dipergunakan dalam perlombaan, yaitu gaya jongkok, gaya melayang (menggantung), dan gaya berjalan di udara.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap dari macam-macam tahapan gerakan lompat jauh yang benar.
4 Teknik Dasar Lompat Jauh Dan Urutan Cara Melakukan Gerakan Lompat Jauh
Contoh gambar gerakan lompat jauh

1. Teknik Dasar Lompat Jauh: Awalan

Terdapat 4 tahapan dalam melakukan lompat jauh, namun teknik awalan menjadi tahapan pertama dalam melakukan lompat jauh.

Teknik awalan atau ancang-ancang adalah suatu gerakan permulaan dalam bentuk lari guna memperoleh kecepatan sebelum melakukan tolakan atau lompatan.

Teknik awalan diperlukan untuk mendapatkan kecepatan yang setinggi mungkin sebelum mencapai papan tolakan. Umumnya panjang lintasan awalan pada lapangan lompat jauh untuk melakukan lari yaitu minimal 40 meter.

Cara melakukan tahapan gerakan lompat jauh teknik awalan:
  1. Berlari dengan sesuai kemampuan pelari.
  2. Kecepatan berlari ditambah sedikit demi sedikit sebelum sampai pada papan tolakan. Kemudian kecepatan lari terus dipertahankan tetap maksimal hingga sampai papn tolakan.
  3. Pinggang turun sedikit pada satu langkah akhir lari.

2. Teknik Dasar Lompat Jauh: Tolakan / Tumpuan

Teknik tolakan adalah sebuah gerakan yang berawal dari gerakan horizontal lalu berubah ke gerakan vertikal dengan cara melakukan lompatan pada papan tolakan. Teknik ini dilakukan setelah melakukan tahapan awalan.

Pada tahap sebelumnya, peserta sudah mempersiapkan diri untuk melakukan gerakan sekuat-kuatnya pada langkah terakhir hingga seluruh tubuh terangkat ke atas seperti melayang di udara.

Untuk cara melakukannya sangat sederhana, yakni melompat dengan menggunakan satu kaki sebagai tumpuan. Sehingga kaki yang dijadikan sebagai tumpuan adalah kaki yang terkuat.

Cara melakukan tahapan gerakan lompat jauh teknik tolakan:
  1. Ayunkan paha kaki yang tidak dipakai sebagai tumpuan dengan ke posisi horizontal secara cepat dan tetap dipertahankan.
  2. Luruskan sedikit mata kaki, lutut, dan pinggang ketika melakukan tolakan.
  3. Tolakan dilakukan ke arah depan atas, yakni dengan sudut tolakan 45°.

3. Teknik Dasar Lompat Jauh: Melayang Di Udara

Teknik melayang adalah sebuah sikap untuk mengatur posisi badan supaya mendapatkan keseimbangan ketika melayang di udara setelah melakukan lompatan.

Pada tahap melayang di udara, ada tiga teknik yang dapat digunakan oleh setiap atlet, dan semua itu tergantung dari penguasaan teknik dari si pelompat tersebut. Tiga gaya dalam teknik melayang yakni meliputi gaya jongkok, gaya melayang (menggantung), dan gaya berjalan di udara.

4. Teknik Dasar Lompat Jauh: Pendaratan

Teknik pendaratan adalah tahapan gerakan lompat jauh yang terakhir guna mempersiapkan diri untuk mendarat dengan selamat di area pendaratan.

cara mendarat yang baik dalam lompat jauh adalah dilakukan dengan memposisikan kedua kaki lurus ke depan dengan mengangkat paha ke atas, badan dibungkukkkan ke depan, dan kedua tangan diluruskan ke depan.

Mendarat dilakukan dengan tumit terlebih dahulu dan diiringi dengan mengeper, sehingga kedua lutut dibengkokkan (ditekuk), berat badan difokuskan ke depan supaya tidak jauh ke belakang, kepala ditundukkan, serta kedua tangan ke depan.

Cara mendarat yang benar pada lompat jauh adalah sebagai berikut:
  1. Lengan dan badan ditarik ke depan bawah, serta kaki ditarik mendekati badan.
  2. Luruskan kedua kaki dan tekuk lagi sedikit sesaat sebelum menyentuh tanah.
  3. Setelah kedua kaki telah berhasil mendarat di bak pasir (area pendaratan), duduklah atas kedua kaki.

Demikianlah materi Penjaskes yang membahas tentang 4 Teknik Dasar Lompat Jauh Dan Urutan Cara Melakukan Gerakan Lompat Jauh Beserta Gambarnya. Semoga materi dalam artikel ini dapat dipahami, sehingga bisa menambah wawasan.

Komentar

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]