Gambar Dan Cara Melakukan Gerakan Loncat Harimau Yang Benar

No Comment November 29, 2021
Contoh Gambar Dan Cara Melakukan Gerakan Loncat Harimau Yang Benar - Pada postingan sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang senam lantai seperti cara melakukan kayang, lompat kangkang, sikap lilin, guling lenting. Dan untuk kesempatan ini kami akan membahas tentang cara melakukan lompat harimau.

Contoh Gambar Dan Penjelasan Cara Melakukan Gerakan Loncat Harimau (Tiger Sprong) Yang Benar

Contoh Gambar Dan Cara Melakukan Gerakan Loncat Harimau Yang Benar
Contoh gambar loncat harimau

Pengertian Lompat Harimau

Loncat harimau adalah suatu gerakan yang mirip dengan gerakan guling depan, hanya saja gerakan lompat harimau diawali dengan sebuah loncatan yang jauh ke depan dan mendarat dengan kedua lengan lalu diteruskan dengan berguling seperti pada gerakan guling depan.

Gerakan lompat harimau disebut juga dengan istilah tiger sprong yang termasuk dalam kategori gerakan senam lantai.

Urutan perkenaan tubuh dengan matras saat melakukan loncat harimau adalah dengan melakukan 3 tahapan berikut, yaitu sikap awalan, pelaksanaan, dan akhiran.

Berikut ini akan kami jelaskan cara melakukan loncat harimau dari awalan sampai sikap akhir yang benar. Silakan kalian simak dengan seksama.

Baca juga:

Cara Melakukan Gerakan Lompat Harimau Yang Benar

Contoh Gambar Cara Melakukan Gerakan Lompat Harimau
Contoh gambar lompat harimau


Sikap Awalan Dalam Gerakan Loncat Harimau
  • Berdiri dengan tegak, lalu kedua lengan lurus di samping, pandangan lurus ke depan.
  • Kemudian mengambil ancang-ancang dengan kecepatan disesuaikan, di beberapa langkah terakhir bersiap melakukan tolakan.

Sikap Pelaksanaan Dalam Gerakan Loncat Harimau
  • Tolakkan kedua kaki sehingga badan terdorong ke depan. Pergelangan kaki dan lutut dibengkokan untuk meloncat ke atas dan ke depan.
  • Setelah itu tungkai lurus, lengan diayunkan ke depan untuk mendarat lebih dulu pada matras.

Sikap Akhiran Dalam Gerakan Loncat Harimau
Tekuk kepala hingga menunduk dan punggung dibulatkan sehingga terjadi gulingan ke depan. Akhiri dengan posisi jongkok serta tangan lurus ke depan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Melakukan Lompat Harimau

Untuk menjaga keselamatan pada gerak loncat harimau adalah dengan menyiapkan perlengkapan yang memadai, diantaranya yaitu matras dan sebuah penanda yang berguna sebagai penunjang keselamatan dan keberhasilan dalam melakukan gerakan loncat harimau.

Selain harus menyiapkan peralatan yang memadai, berikut ini ada beberapa sikap yang harus diperhatikan saat melakukan lompat harimau untuk menghindari cedera.
  1. Loncatan kedua kaki dan tumpuan tangan harus kuat
  2. Jangan gunakan tumpuan kepala pada saat pendaratan setelah lompatan
  3. Gerakan berguling yang kurang sempurna
  4. Berhenti di tengah jalan saat sudah melakukan gerakan lompatan, gerakan lompatan yang tidak sempurna atau tidak total akan mengakibatkan risiko cidera.
  5. Menghindari rasa takut dan ragu saat sedang melakukan rangkaian gerakan.

Demikian pembahasan lengkap mengenai Contoh Gambar Dan Cara Melakukan Gerakan Loncat Harimau Yang Benar. Semoga materi ini dapat menambah pengetahuanmu.

Komentar

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]