Gambar Nama Posisi Pemain Sepak Bola Dan Tugasnya Lengkap

No Comment September 10, 2021
Contoh Gambar Nama Posisi Pemain Sepak Bola Dan Tugasnya Lengkap - Olahraga permainan sepak bola adalah sebuah permainan bola besar yang dimainkan oleh 11 pemain, oleh karena itu tim sepak bola sering disebut dengan tim kesebelasan.

Di samping itu, setiap tim kesebelasan menggunakan strategi dengan menyusun posisi pemain sepak bola yang tepat guna dapat mengatur pola menyerang ataupun bertahan. Istilah itu dapat disebut sebagai formasi sepak bola.

Pada mata pelajaran Penjaskes dalam bab sepak bola tentunya materi ini pernah dibahas. Dan juga seringkali terdapat soal seperti berikut ini yang sering muncul pada waktu ujian semester.

Contoh Soal Penjaskes Tentang Nama Dan Posisi Pemain Sepak Bola Beserta Tugasnya
  1. Posisi pemain sepak bola secara garis besar dikelompokkan menjadi?
  2. Sebutkan 4 kelompok posisi pemain dalam permainan sepak bola!
  3. Sebutkan 11 posisi pemain sepak bola dan tugasnya masing masing!
  4. Sebutkan tugas pemain sepak bola berdasarkan posisinya!
  5. Sebutkan nama-nama posisi pemain sepak bola dalam bahasa indonesia!
  6. Pemain sepak bola yang bertugas mendistribusikan bola ke striker adalah?
  7. Tugas pemain sepak bola yang fokus dalam mencetak gol disebut?
  8. Tugas pemain sepak bola mulai dari kiper bek gelandang dan penyerang adalah?
  9. Buatlah gambar posisi pemain sepak bola yang menggunakan formasi 442!

Contoh Gambar Nama-Nama Posisi Pemain Sepak Bola Dan Tugasnya Lengkap Dalam Bahasa Indonesia

Contoh Gambar Nama-Nama Posisi Pemain Sepak Bola Dan Tugasnya Lengkap
Contoh gambar nama posisi pemain sepak bola dan tugasnya

Nama-Nama Posisi Pemain Sepak Bola Dan Tugasnya

Dalam setiap tim yang berjumlah 11 posisi pemain sepak bola yang berada di lapangan, semua itu dikelompokkan menjadi 4 bagian yang berbeda, yakni posisi pemain penjaga gawang, pemain bertahan, pemain gelandang, dan pemain penyerang.

Selain itu, setiap kelompok posisi pemain sepak bola juga masih dibedakan lagi menjadi beberapa bagian. Berikut ini adalah penjelasannya secara lengkap.

1. Tugas Posisi Pemain Sepak Bola Penjaga Gawang - Goal Keeper (GK)

Kiper atau pemain penjaga gawang adalah posisi pemain sepak bola yang berada di bagian paling belakang lapangan sepak bola, tepatnya yaitu di menjaga bola area gawang atau kotak pinalti. Sehingga kiper menjadi pertahanan terakhir bagi timnya.

Tugas pemain sepak bola sebagai kiper:
  • Tugas utama kiper yaitu menghentikan serangan lawan dengan barbagai macam teknik pertahanan seperti menangkis, meninju, menendang dan menangkap bola supaya dapat mencegah lawan untuk mencetak gol.
  • Melakukan pembersihan area untuk bola yang masuk kedalam wilayahnya, yaitu area kotak pinalti.
  • Mengatur formasi timnya untuk membangun pertahanan di daerah belakang, khususnya pada saat terjadi tendangan bebas dan tendangan sudut.
  • Mengontrol bola yang telah didapatkan dari pemain lawan untuk dioper kepada pemain satu tim.

2. Tugas Posisi Pemain Sepak Bola Bek/Pemain Bertahan - Defender

Bek atau Defender adalah kelompok posisi pemain sepak bola yang berada di barisan belakang untuk memperkuat area pertahanan timnya. Tugas utama pemain bertahan yaitu menghadang dan merebut bol dari pemain lawan.

A. Bek Tengah - Center Back (CB)
Posisi bek tengah berada pada sektor pertahanan di tengah belakang lapangan sepak bola, tugas bek tengah adalah menghadang lawan di sekitar area kotak pinalti guna membantu kiper untuk menghentikan lawan mencetak gol.

Pemain bek tengah sebagian besar memiliki postur tubuh yang besar dan tinggi, sehingga dapat dengan mudahnya menjangkau serangan lawan dengan menggunakan sundulan untuk umpan bola lambung seperti tendangan bebas dan tendangan sudut, serta memiliki keunggulan dalam main body untuk merebut bola.

B. Bek Samping - Full Back (LFB & RFB)
Bek samping alias full back merupakan posisi pemain bertahan untuk menghentikan pergerakan lawan, posisi pemain ini berada berada di samping bek tengah sehingga dapat mencegah dari serangan lawan yang muncul dari sisi kanan ataupun kiri lapangan.

C. Bek Sayap - Wing Back (LWB & RWB)
Tugas bek sayap hampir sama dengan posisi bek samping (Full Back), hanya saja tugas seorang bek sayap selain mejaga pertahanan, pemain ini juga berperan untuk membantu penyerangan. Serangan yang dilakukan oleh pemain bek sayap sangat membantu tim dalam penyerangan.

Oleh karena itu pemain bek sayap sering diisi oleh pemain yang memiliki kecepatan dan stamina yang tinggi. Karena perannya yang begitu besar dalam penyerangan.

D. Penyapu - Sweeper (SW)
Posisi pemain penyapu atau Sweeper adalah berada di belakang garis pertahanan, tepatnya di depan area penjaga gawang atau kiper.

Pemain penyapu diposisikan di belakang bek tengah karena tugasnya yaitu menyapu kali bola yang berhasil lolos dari pertahanan timnya.

3. Tugas Posisi Pemain Sepak Bola Gelandang - Midfielder

Gelandang adalah kelompok posisi pemain sepak bola yang berada di barisan tengah, lebih tepatnya di antara wilayah pemain bertahan dan pemain penyerang.

Fungsi utama pemain gelandang adalah mengontrol alur permainan timnya untuk melakukan penyerangan ataupun bertahan, yakni dengan cara membantu pemain bertahan untuk merebut bola dan juga membantu memberikan operan bola kepada pemain penyerang untuk mencetak gol.

A. Gelandang Bertahan - Defending Midfielder (DM)
Gelandang bertahan menempati posisi di area depan bek, yang mengatur pertahanan di sektor tengah lapangan. Tugas utama untuk posisi gelandang bertahan ialah mencegah bola supaya tidak memasuki wilayah bek bertahan.

Pemain ini sebaik mungkin harus memiliki insting dan kemampuan yang baik dalam memotong bola, terutama operan lawan yang dapat memicu penyerangan.

B. Gelandang Tengah - Center Midfielder (CM)
Gelandang tengah menempati posisi di bagian tengah lapangan. Tugas dari gelandang tengah adalah untuk menjaga sektor tengah, menghentikan serangan lawan, mengatur alur permainan timnya, terkadang membantu pertahanan baik di tengah maupun di sayap, serta membuat peluang bagi pemain penyerang.

Sifat dari gelandang tengah yaitu mempunyai kemampuan teknis yang baik, stamina yang tinggi, cerdik, lincah, kuat, serta menguasai berbagai taktik.

C. Gelandang Sayap - Winger (LW & RW)
Pemain gelandang sayap atau disebut dengan winger berposisi di area sisi samping lapangan pada lini tengah.

Pemain gelandang sayap memiliki tugas yang berperan dalam membantu pola penyerangan timnya dengan melakukan umpan silang dan umpan jarak jauh dari sektor sayap lapangan. Selain itu pemain ini juga harus turut serta dalam membantu pertahanan timnya bertahan ketika tim lawan melakukan penyerangan.

D. Gelandang Serang - Attacking Midfielder (AM)
Gelandang serang merupakan pemain tengah yang berada dekat dengan pemain penyerang. Tugasnya yakni memberikan umpan kepada striker dan juga mengatur alur permainan timnya dalam melakukan penyerangan ke daerah lawan.

Untuk bermain di posisi gelandang serang, maka pemain tersebut harus bisa membuat suatu keputusan yang bijak dalam mengontrol jalannya pertandingan sepak bola.

4. Tugas Posisi Pemain Sepak Bola Penyerang - Forward

Pemain penyerang atau srtiker adalah kelompok posisi pemain sepak bola yang berada di barisan paling depan dan paling dekat dengan gawang lawan. Tugas utama pemain penyerang yaitu menyerang pertahanan lawan dan memasukkan bola kedalam gawang lawan.

A. Penyerang Sayap - Wing Forward (LWF & RWF)
Tempat pemain penyerang sayap berposisi di daerah samping pada lini depan lapangan. Pemain penyerang sayap juga sering dikenal dengan istilah withdrawn striker atau second striker.

Selain bertugas untuk menambah jumlah gol, penyerang sayap berperan penting dalam membantu timnya untuk menyerang dari sisi samping dengan memberikan umpan silang dan membuka celah pertahanan lawan supaya dapat mencetak gol.

Pemain penyerang sayap ditempati oleh seorang pemain yang memiliki kelincahan dalam menggiring bola untuk mengecoh lawan, serta melakukan duel dengan pemain bek lawan untuk membobol pertahanan lawan.

B. Penyerang Tengah - Center Forward (CF)
Penyerang tengah merupakan posisi pemain sepak bola yang berada di daerah tengah lini depan lapangan, sehingga dekat dengan gawang lawan.

Tugas penyerang tengah adalah berperan sebagai penerobos pertahanan lawan untuk menciptakan gol. Di samping itu, dia juga harus memanfaatkan umpan dari rekan satu timnya untuk menambah gol. Memberikan ruang untuk gelandang serang dan pemain sayap guna mengecoh pertahanan lawan.

Baca juga:

Contoh Gambar Formasi Dalam Permainan Sepak Bola

Contoh Gambar Posisi Pemain Sepak Bola Yang Menggunakan Formasi 4-3-3

Contoh Gambar Posisi Pemain Sepak Bola Yang Menggunakan Formasi 4-3-3
Gambar formasi sepak bola 433
Keterangan Posisi Pemain Sepak Bola Formasi 4-3-3:
Keunggulan dari formasi sepak bola 4-3-3 yang dapat berfungsi seimbang dalam mode bertahan dan menyerang, serta sangat cocok untuk tim yang fokus pada penguasaan bola di semua sisi lapangan.

Dan berikut ini adalah nama-nama posisi pemain sepak bola pada formasi 4-3-3.
  • 4 Pemain Bek: 2 bek tengah dan 2 bek sayap.
  • 3 Pemain Gelandang: 1 gelandang bertahan dan 2 gelandang sayap.
  • 3 Pemain Penyerang: 2 penyerang sayap dan 1 penyerang tengah.

Contoh Gambar Posisi Pemain Sepak Bola Yang Menggunakan Formasi 4-4-2

Contoh Gambar Posisi Pemain Sepak Bola Yang Menggunakan Formasi 4-4-2
Gambar formasi sepak bola 442
Keterangan Posisi Pemain Sepak Bola Formasi 4-4-2:
Keunggulan dari formasi formasi sepak bola 4-4-2 lebih berfokus untuk bermain menyerang yang dilakukan oleh pemain bagian sayap. Gol dapat dihasilkanpun sering terjadi karena adanya umpan lambung dan assist.

Dan berikut ini adalah nama-nama posisi pemain sepak bola pada formasi 4-4-2.
  • 4 Pemain Bek: 2 bek tengah dan 2 bek sayap.
  • 4 Pemain Gelandang: 2 gelandang tengah dan 2 gelandang sayap.
  • 2 Pemain Penyerang: 2 penyerang tengah.

Demikianlah rangkuman singkat materi Penjaskes tentang Contoh Gambar Nama Posisi Pemain Sepak Bola Dan Tugasnya Lengkap. Semoga rangkuman dapat bermanfaat dan membantu kalian untuk mencari jawaban soal tersebut.

Komentar