Gambar Nama Posisi Pemain Bola Basket Dan Tugasnya Lengkap

No Comment September 08, 2021
Contoh Gambar Nama Posisi Pemain Bola Basket Dan Tugasnya Lengkap - Di halaman sebelumnya kita sudah pernah membahas materi Penjaskes tentang Contoh Gambar Lapangan Bola Basket Dan Ukurannya. Namun pada halaman ini kita hanya akan membahas materi tentang nama-nama posisi pemain bola basket.

Pada saat kita mempelajari mata pelajaran Penjaskes yang membahas tentang tugas pemain bola basket, tentunya kita pasti menjumpai beberapa contoh soal seperti berikut ini.

Contoh Soal Penjaskes Tentang Nama Dan Posisi Pemain Basket Beserta Tugasnya
  1. Berapa jumlah pemain bola basket dalam 1 regu?
  2. Sebutkan 3 posisi pemain bola basket dan fungsinya!
  3. Sebutkan 5 posisi pemain bola basket beserta tugasnya!
  4. Pemain bola basket yang bertugas sebagai pemain bertahan dinamakan? 
  5. Posisi pemain bola basket yang bertugas sebagai penyerang disebut?
  6. Forward adalah pemain bola basket yang bertugas sebagai?
  7. Tugas pemain bola basket dalam posisi center adalah?
  8. Tugas pemain point guard adalah?
  9. Posisi pemain basket yang berada di paling depan adalah?
  10. Nama posisi pemain bola basket yang melakukan jump ball di lingkaran tengah lapangan adalah?

Apabila kalian menjumpai soal seperti itu namun tidak mengetahui jawabannya, maka bacalah artikel ini untuk mencari jawabannya. Karena materi tersebut sudah kami rangkum sebaik mungkin supaya dapat dipelajari dengan mudah.


Contoh Gambar Nama Posisi Pemain Bola Basket Dan Tugasnya Masing-Masing Secara Lengkap

Contoh Gambar Nama Posisi Pemain Bola Basket Dan Tugasnya Lengkap
Contoh gambar nama posisi pemain bola basket

Daftar Urutan Nama-Nama Posisi Pemain Bola Basket Dan Tugasnya

Salah satu taktik dalam permainan bola basket adalah dengan menyusun posisi pemain yang tepat supaya dapat menguasai jalannya pertandingan karena dapat terjalinnya kerja sama tim, baik dalam mode ofensif maupun defensif.

Dikutip dari situs olympics.com bahwa jumlah pemain bola basket dalam 1 regu yaitu sebanyak 12 pemain, yang terdiri dari 5 pemain inti dan 7 pemain cadangan.

Selama masa pertandingan tersebut, ada 5 posisi pemain bola basket di lapangan yang bisa ditempati oleh masing-masing pemain untuk dijadikan sebagai strategi.

1. Point Guard
Point Guard biasanya diisi oleh pemain basket dengan keterampilan dan visi penanganan bola terbaik dalam tim.

Tugas utama Point Guard adalah mengatur strategi permainan ofensif dan defensif, serta mengatur peluang mencetak gol untuk rekan satu tim. Sehingga pemain Point Guard sering memperoleh assist terbanyak pada setiap permainan. Oleh karena itu Point Guard juga sering disebut dengan Playmaker.

2. Shooting Guard
Posisi pemain bola basket untuk Shooting Guard adalah seorang pemain yang ahli dalam melakukan tembakan jarak jauh dan menengah terbaik dalam timnya.

Pemain ini terus-menerus berpatroli untuk mencari posisi yang cocok supaya dapat melakukan 3 point throw. Dia juga bertugas membantu memancing pemain bertahan dari tim lawan guna menciptakan ruang di dekat keranjang untuk rekan satu timnya.

Teknik dasar bola basket yang wajib dikuasai oleh posisi pemain Shooting Guard adalah teknik shooting.

3. Small Forward
Posisi pemain bola basket Small Forward biasanya ditempati oleh pemain yang mempunyai keahlian serbaguna. Karena hal itu dia harus memiliki kekuatan dan keclincahan dalam menggiring bola. Sehingga, sangat penting juga untuk menguasai teknik tembakan dari jarak menengah dan jarak pendek.

Peran penting Small Forward yakni membantu dalam menentukan pola serangan yang dipikul oleh Point Guard, serta membantu Shooting Guard untuk mencetak goal bagi timnya.

4. Power Forward
Power Forward bermain di posisi yang berada dekat dengan ring, dengan kemampuan defensive rebound yang bagus dan memiliki tinggi badan yang hampir menyerupai Center, maka Power Forward dapat dikatakan sebagai back up pemain Center.

Namun di samping itu, keahlian pemain Power Forward biasanya lebih kompleks dan gerakannya lebih cepat, serta mampu melakukan shooting yang bagus.

5. Center
Tugas Center dalam permainan bola basket yaitu untuk menjaga area terdekat dengan ring basket. Posisi pemain Center ditugaskan untuk mendapatkan rebound dan memblokir tembakan lawan, serta menghadang pemain lawan supaya dapat menghentikan pergerakan tim lawan.

Posisi pemain basket Center mempunyai tubuh fisik yang paling tinggi dan paling kuat di antara pemain basket lainnya, sebab pemain ini berada di lini belakang lapangan yang berperan sebagai pertahanan terkuat dalam tim.

Nama posisi pemain bola basket yang melakukan jump ball di lingkaran tengah lapangan adalah biasanya dilakukan oleh pemain Center.


Demikianlah ringkasan materi yang berisi tentang Contoh Gambar Nama Posisi Pemain Bola Basket Dan Tugasnya Lengkap. Semoga bermanfaat.

Komentar