Contoh Gambar Nama Posisi Pemain Sepak Takraw Dan Tugasnya

No Comment September 13, 2021
Contoh Gambar Nama Posisi Pemain Sepak Takraw Dan Tugasnya Lengkap -  Artikel ini berisi tentang materi sepak takraw yang secara khusus membahas tentang urutan tugas dan posisi pemain sepak takraw yang sering dibahas pada mata pelajaran Penjaskes.

Dan mapel Penjaskes tentunya kalian pasti pernah menjumpai soal tentang sepak takraw seperti berikut ini.

Contoh Soal Penjaskes Tentang Nama Dan Tugas Posisi Pemain Sepak Takraw
  1. Jumlah pemain dalam sepak takraw adalah?
  2. Sebutkan tiga pemain sepak takraw!
  3. Sebutan untuk pemain sepak takraw yang pertama menendang bola adalah?
  4. Posisi pemain yang berada di belakang dalam sepak takraw disebut pemain?
  5. Apa saja tugas seorang apit kanan dan apit kiri dalam sepak takraw?

Apabila kalian merasa kesulitan untuk menjawab semua soal di atas, maka langsung saja untuk membaca materi berikut.

Baca juga:

Contoh Gambar Nama-Nama Posisi Pemain Sepak Takraw Dan Tugasnya Dalam Bahasa Indonesia Secara Lengkap

Contoh Gambar Nama Posisi Pemain Sepak Takraw Dan Tugasnya Lengkap
Contoh gambar nama-nama posisi pemain sepak takraw
Keterangan Gambar Posisi Pemain Sepak Takraw
  • Serving Team (Tim Merah): Posisi pemain sepak takraw pada saat tim mereka mendapatkan bagiannya untuk melakukan tendangan servis.
  • Receiver Team (Tim Biru): Posisi pemain sepak takraw pada saat tim mereka mendapatkan bagiannya untuk menerima servis dari tim lawan.

Nama-Nama Posisi Pemain Sepak Takraw Dan Tugasnya Di Dalam Lapangan Lengkap

Dalam peraturan permainan sepak takraw telah dijelaskan bahwa jumlah pemain sepak takraw berjumlah maksimal 4 orang pemain, yang semua itu tersusun dari 3 pemain inti untuk bermain di lapangan dan 1 pemain cadangan sebagai pemain pengganti.

Selain itu masing-masing nama pemain sepak takraw memiliki tugas dan menempati posisi yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Tekong

Tekong adalah sebutan untuk pemain sepak takraw yang pertama menendang bola atau melakukan servis bola. Dengan tendangan servis yang kuat dan akurat dari pemain tekong, maka hal itu bisa menciptakan peluang besar untuk menambah poin.

Selain bertugas untuk melakukan servis, pemain tekong juga berperan sebagai pemain bertahan yang bertugas untuk memperkuat pertahanan di bagian belakang.

2. Apit Kanan Dan Apit Kiri

Apit Kanan Dan Apit Kiri adalah sebutan bagi pemain sepak takraw yang berada di wilayah depan lapangan. Pemain ini hanya boleh bergerak apabila servis bola yang ditendang oleh pemain Tekong telah melewati net.

Selain itu mereka memiliki tugas berbeda dengan pemain Tekong. Berikut ini adalah peran dan tugasnya.

a. Berperan Sebagai Striker Atau Killer (Penyerang)
Seorang pemain sepak takraw yang berperan sebagai Striker bertugas untuk menambah poin dengan memberikan serangan-serangan yang kuat daerah lawan.

Di sisi lain, pemain Striker atau Killer juga bertugas dalam menjaga pertahanan di lini depan lapangan dengan menghadang bola di dekat net yang hendak masuk ke daerahnya.

b. Berperan Sebagai Bowler Atau Setter (Pelambung/Pengoper)
Peran pemain Bowler atau Setter yaitu bertugas untuk mengoperkan bole kepada rekan satu timnya. Pada saat pertandingan baru dimulai, maka dia harus mengoperkan bola kepada Tekong, namun setelah itu dia lebih fokus mengumpan bola ke Striker.

Di samping bertugas untuk mengontrol bola, pemain Setter juga harus menguasai teknik serangan. Selain itu, posisi pemain Setter ditempati oleh pemain yang paling lincah dan responsif dalam timnya.

itulah artikel yang berisi materi sepak takraw pada mata pelajaran Penjaskes dengan judul Contoh Gambar Nama Posisi Pemain Sepak Takraw Dan Tugasnya Lengkap. Semoga ringkasan ini dapat membantu kalian untuk menjawab semua pertanyaan kalian.

Komentar