Bunyi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Asli Dan Baru

No Comment April 09, 2021
Bunyi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Asli Dan Baru - Pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sejarah (IPS) atau Pendidikan Kewarganegaan (PKN) biasanya seringkali membahas mengenai naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Lantas apakah kalian sudah mengetahui, apakah itu teks proklamasi?

Pembacaan naskah teks proklamasi merupakan menjadi sebuah momen istimewa sekaligus paling berharga bagi bangsa Indonesia, karena bunyi teks proklamasi tersebut berisi sebuah pernyataan yang bertujuan untuk memproklamirkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan oleh bangsa lain.

Lantas bagaimanakah sejarah teks proklamasi kemerdekaan ini yang dimulai dari perumusan hingga pembacaan teks proklamasi? Berikut ini ada beberapa fakta mengenai bunyi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dapat kalian ketahui dan yang sering dibahas pada pelajaran sekolah.


Pertanyaan Yang Sering Dibahas Mengenai Bunyi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Asli Dan Baru

Bunyi Teks Proklamsi Kemerdekaan Indonesia Asli Dan Baru

Kapan Dan Dimanakah Perumusan Teks Proklamasi Dilakukan?

Perumusan naskah teks proklamasi dilakukan pada waktu dini hari menjelang 17 Agustus 1945, di rumah Laksamana Tadashi Maeda (saat ini Jl. Imam Bonjol No. 1, Jakarta Pusat).

Perumusan teks proklamasi dilakukan oleh Soekarno, Mohammad Hatta, Achmad Soebardjo, serta disaksikan oleh Soekarni, Burhanuddin Mohammad Diah, Sudiro dan Sayuti Melik, dan disaksikan juga oleh orang-orang Jepang selain Laksamana Maeda.

Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Diketik Oleh?

Semulanya naskah teks proklamasi ditulis tangan oleh Soekarno, kemudian naskah teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik menggunakan mesin ketik pinjaman milik perwakilan AL Jerman, yaitu Mayor Angkatan Laut Jerman Dr. Hermann Kandeler.

Dalam proses pengetikan teks proklamasi, Sayuti Melik mengubah kalimat "Wakil² bangsa Indonesia" menjadi "Atas nama bangsa Indonesia".

Kapan Dan Dimana Teks Proklamasi Dibacakan?

Teks proklamasi dibacakan di tanggal 19 Agustus 1945 pada pukul 10.00 pagi. Pembacaan teks proklamasi dilakukan di rumah Soekarno yang berada di Jl. Pegangsaan Timur 56, Jakarta. 

Tuliskan Bunyi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia!

Isi Teks Proklamasi Klad (Asli)
Bunyi Teks Proklamsi Kemerdekaan Indonesia Asli
Contoh gambar bunyi teks proklamasi asli
Teks Proklamasi Klad merupakan sebuah naskah proklamasi asli yang ditulis tangan sendiri oleh Soekarno sebagai pencatat, yang merupakan hasil karangan dari Mohammad Hatta dan Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo. Berikut ini adalah bunyi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang asli.

Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal² jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, 17-08-05    
Wakil² bangsa Indonesia.

Isi Teks Proklamasi Otentik (Baru)
Bunyi Teks Proklamsi Kemerdekaan Indonesia Baru
Contoh gambar bunyi teks proklamasi baru
Teks Proklamasi Otentik adalah sebuah naskah teks proklamasi yang telah diperbarui dan diketik ulang oleh Mohamad Ibnu Sayuti Melik. Berikut ini adalah bunyi isi teks proklamasi yang sudah diperbaharui.

P R O K L A M A S I
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.    
Soekarno/Hatta.        

Perbedaan Bunyi Teks Proklamasi Klad Dan Otentik

  1. Kata "Proklamasi" diubah menjadi "P R O K L A M A S I".
  2. Kata "Hal2" diubah menjadi "Hal-hal".
  3. Kata "tempoh" diubah menjadi "tempo".
  4. Kata "Djakarta, 17 - 8 - '05" diubah menjadi "Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05".
  5. Kata "Wakil2 bangsa Indonesia" diubah menjadi "Atas nama bangsa Indonesia".
  6. Isi naskah Proklamasi Klad adalah asli merupakan tulisan tangan sendiri oleh Ir. Soekarno sebagai pencatat, dan merupakan hasil gubahan (karangan) oleh Drs. Mohammad Hatta dan Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo. Sedangkan isi naskah Proklamasi Otentik adalah merupakan hasil ketikan oleh Mohamad Ibnu Sayuti Melik (seorang tokoh pemuda yang ikut andil dalam persiapan Proklamasi).
  7. Pada naskah Proklamasi Klad memang tidak ditandatangani, sedangkan pada naskah Proklamasi Otentik sudah ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta.

Demikianlah informasi tentang Bunyi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Asli Dan Baru yang sering dibahas pada mata pelajaran IPS dan PKN di sekolah. Semoga informasi dapat menambah wawasan kalian dalam mempelajari sejarah Indonesia.

Komentar