Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Ukurannya Dan Keterangannya

No Comment Maret 10, 2021

Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Ukurannya Dan Keterangannya Lengkap - Tolak peluru adalah sebuah olahraga atletik dengan cara melakukan gerakan berupa dorongan atau tolakan pada suatu bola besi bulat (peluru) berupa logam dengan berat dan ukuran tertentu, yang dilakukan dari bahu menggunakan satu tangan dan bertujuan untuk mencapai titik dorongan terjauh.

Pada artikel kali ini ini kita akan membahas mengenai lapangan tolak peluru. Mungkin di antara kalian masih ada yang belum mengetahui ukuran lapangan tolak peluru. Maka dari itu saya akan menunjukkannya kepada kalian semua.

Contoh Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Ukurannya Dan Keterangannya Dalam Bahasa Indonesia Lengkap

Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Ukurannya Dan Keterangannya Lengkap
Contoh gambar lapangan tolak peluru lengkap dengan ukurannya dan keterangannya

Keterangan Ukuran Lapangan Tolak Peluru Lengkap

  • Ukuran lingkaran area tolakan:
    • Diameter = 213,5 cm.
    • Jari-jari = 106,75 cm.
  • Panjang garis kanan dan kiri pada luar lingkaran = 75 cm.
  • Panjang area papan penahan tolakan = 1,22 meter (dihitung dari dalam lingkaran).
  • Besar sudut proyeksi area pendaratan = 34,92° (dihitung dari titik pusat lingkaran).
  • Panjang area pendaratan = 25 meter (dihitung dari titik pusat lingkaran).
  • Jarak dari kedua garis area pendaratan pada panjang 25 meter = 15 meter.

Baca juga:

Keterangan Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Ukurannya Lengkap

Keterangan Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Ukurannya Lengkap
Contoh foto lapangan tolak peluru

1. Throwing Circle (Area Tolakan)
Throwing circle merupakan daerah lapangan tolak peluru berbentuk lingkaran dengan diameter 213,5 cm atau memiliki jari-jari 106,75 cm.

Pada area sisi samping kanan dan kiri bagian luar throwing circle juga terdapat garis lurus yang menjulur sepanjang 75 cm dan sejajar dengan titik pusat lingkaran. Daerah ini digunakan para peserta atlet tolak peluru untuk melakukan tolakan bola besi.

2. Stop Board (Papan Tolakan)
Stop board ialah sebuah fasilitas lapangan tolak peluru yang berupa sebuah papan penahan yang terbuat dari kayu atau material lainnya yang dicat menggunakan warna putih.

Bentuk stop board dibuat melingkar sebagian sehingga membentuk busur lingkaran. Stop board ditandai dengan garis dalam lingkaran tolakan sepanjang 1,22 meter. Selain itu papan penahan ini mempunyai lebar 11,4 cm dan tinggi 10,2 cm.

Stop board terletak di antara daerah throwing circle dan landing sector, fungsinya yaitu sebagai pembatas dan juga penahan bagi para atlet dalam melakukan tolakan.

3. Landing Sector (Area Pendaratan)
Landing sector adalah daerah lapangan tolak peluru yang berbentuk busur lingkaran dengan sudut 34,92° yang berpusat pada titik lingkaran throwing circle. Fungsi dari landing sector adalah sebagai tempat untuk area pendaratan bola besi yang dilempar oleh atlet tolak peluru.

Untuk ukuran lapangan tolak peluru bagian landing sector adalah memiliki panjang yang umumnya 25 meter dari titik pusat lingkaran. Di samping itu apabila area landing sector memiliki panjang 25 meter, maka lebar area landing sector tersebut adalah 15 meter.

Itulah informasi ringkas tentang contoh gambar lapangan tolak peluru beserta ukurannya dan keterangannya. Selain itu kalian juga membaca kelanjutannya untuk mengetahui berat bola besi atau peluru.


Berat Bola Besi (Peluru)

Contoh Gambar Bola Besi Pada Olahraga Tolak Peluru Beserta Keterangannya
Foto peralatan bola besi untuk fasilitas lapangan tolak peluru

Besar bola besi biasanya disesuaikan dengan jenis lapangannya, lapangan indoor biasanya menggunakan bola yang berukuran sedikit lebih besar dari outdoor dan tentunya bola tersebut dibuat dengan bahan yang berbeda asalkan beratnya sama.

Peluru ini terbuat dari berbagai macam material, diantaranya ialah besi, logam solid, stainless steel, pasir, material sintetis dan polyvinyl.

Ukuran Bola Besi (Peluru):
  • Putra:
    • Senior putra dengan berat 7.257 Kg
    • Junior putra dengan berat 5 Kg
  • Putri:
    • Senior putri dengan berat 4 Kg
    • Junior putri dengan berat 3 Kg

Cukup sampai di sini saja pembahasan mengenai Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Ukurannya Dan Keterangannya yang dapat saya tunjukkan kepada kalian semua. Semoga hal ini dapat menambah wawasan kalian.

Komentar