Gambar Lapangan Lompat Tinggi Beserta Ukurannya Dan Keterangannya

No Comment Maret 12, 2021

Gambar Lapangan Lompat Tinggi Beserta Ukurannya Dan Keterangannya Lengkap - Selain lompat jauh dan lompat jangkit yang tergolong dalam cabang olahraga atletik berupa lompat horizontal, ada pula olahraga lompat vertikal yang disebut dengan olahraga lompat tinggi.

Lapangan lompat horizontal dan vertikal memiliki perbedaan yang menonjol, lapangan lompat horizontal tidak ada mistar untuk mengukur ketinggian lompatan dan area pendaratannya berada di dalam bak pasir. Sedangkan lapangan lompat vertikal terdapat mistar yang berfungsi sebagai alat pengukur ketinggian lompatan dan area pendaratannya berada di atas matras.

Untuk mengetahui fasilitas dan gambar lapangan lompat tinggi beserta ukurannya yang sesuai dengan ketentuan standar International Association of Athletics Federations (IAAF) dan standar nasional Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) maka kalian bisa membaca selengkapnya disini.

Baca juga:

Contoh Gambar Lapangan Lompat Tinggi Beserta Ukurannya Dan Keterangannya Lengkap

Contoh Gambar Lapangan Lompat Tinggi Beserta Ukurannya Dan Keterangannya Lengkap
Contoh gambar lapangan lompat tinggi beserta ukurannya dan keterangannya

Keterangan Ukuran Lapangan Lompat Tinggi Adalah:

1. Runway

Runway adalah daerah awalan atau daerah tumpuan digunakan para peserta untuk mengambil ancang-ancang (persiapan) sebelum melakukan lompat tinggi.

Panjang lintasan ini berbentuk setengah lingkaran yang berpusat pada tiang lompat tinggi. Jalur daerah awalan memiliki jarak tanpa batas, namun harus memiliki panjang minimal 15 meter dari tiang lompat tinggi. Di samping itu, daerah awalan harus memiliki permukaan yang datar dengan tingkat kemiringan 1:100.

2. Crossbar

Crossbar merupakan sebuah bilah lompat yang berguna sebagai alat penanda ketinggian lompatan bagi para peserta atlet. Crossbar dapat terbuat dari kayu ataupun metal dengan bentuk potongan melintang bulat dengan panjang 3,98 - 4,02 m dan berdiameter 25 - 30 mm, serta berat mistar maksimal 2 kg.

Pada bilah lompat tersebut memiliki penampang yang berfungsi sebagai sarana penghubung dengan tiang penyangga, ukuran penampang tersebut mempunyai panjang 15 - 20 cm, sedangkan untuk diameternya yaitu 30 - 35 mm.

Meskipun fungsi mistar yang sesungguhnya adalah sebuah untuk mengukur ketinggian lompatan yang terdapat pada tiang penyangga, namun dalam istilah lompat tinggi crossbar seringkali disebut dengan nama mistar.

3. High Jump Posts

High Jump Posts adalah sepasang tiang penyangga crossbar sekaligus sebagai alat pengukur ketinggian lompatan, jarak antar kedua tiang tersebut adalah 4,02 - 4,04 meter.

Di samping itu tiang penyangga tersebut terdapat sebuah penopang khusus yang dipakai untuk meletakkan crossbar dengan ukuran panjang 6 cm dan lebar 4 cm.

4. Landing Area

Landing Area merupakan tempat khusus yang berfungsi sebagai tempat pendaratan bagi peserta atlet lompat tinggi. Pada area pendaratan terdapat 2 lapis matras berisi busa yang berguna sebagai pengaman.

Pada lapisan pertama, panjang dan lebar tempat pendaratan pada lapangan lompat tinggi minimal ialah 5 x 3 meter dengan ketebalan matras 10 - 20 cm. Pada lapisan kedua, terdapat matras dengan ketinggian 60 cm.

Contoh Foto Lapangan Lompat Tinggi

Contoh Foto Lapangan Lompat Tinggi
Foto lapangan lompat tinggi

Cukup sekian ringkasan yang berisi tentang Gambar Lapangan Lompat Tinggi Beserta Ukurannya Dan Keterangannya Lengkap yang dapat saya bagikan kepada kalian semua. Semoga bermanfaat.

Komentar