Gambar Lapangan Lompat Jauh Beserta Ukurannya Dan Keterangannya

No Comment Maret 13, 2021

Gambar Lapangan Lompat Jauh Beserta Ukurannya Dan Keterangannya Lengkap - Lompat jauh adalah sebuah olahraga lompat horizontal yang dilakukan dengan berlari menggunakan kecepatan sepenuhnya lalu melakukan lompatan untuk mendarat di bak pasir dengan jarak sejauh mungkin.

Untuk melakukan olahraga lompat jauh, kita memerlukan sebuah lapangan khusus supaya tubuh kita tidak mengalami cidera ketika mencoba atau berlatih. Membahas soal lapangan lompat jauh, maka berikut ini akan saya tunjukkan informasi mengenai ukuran lapangan lompat jauh standar nasional yang ditetapkan oleh Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan juga standar internasional yang dibuat oleh International Association of Athletics Federations (IAAF).


Baca juga:

Contoh Gambar Lapangan Lompat Jauh Beserta Ukurannya Dan Keterangannya Lengkap

Contoh Gambar Lapangan Lompat Jauh Beserta Ukurannya Dan Keterangannya Lengkap
Contoh gambar lapangan lompat jauh lengkap dengan ukurannya

Keterangan Ukuran Lapangan Lompat Jauh Standar Internasional Dan Nasional Adalah

1. Runway (Jalur Awalan)
  • Panjang = Minimal 30 meter.
  • Lebar = 1,22 meter.
  • Lebar garis pembatas = 5 cm.

2. Take-off Board (Papan Tumpuan)
  • Panjang = 1,22 meter.
  • Lebar = 20 cm.
  • Lebar papan plastisin = 10 cm.

3. Built In Tray
  • Panjang = 1 - 3 meter.
  • Lebar = 1,22 meter.

4. Landing Area (Tempat Pendaratan)
  • Panjang = 7 - 9 meter.
  • Lebar = 2,75 meter.
  • garis pembatas = 5 cm.

Keterangan Gambar Lapangan Lompat Jauh Beserta Ukurannya Lengkap

Keterangan Gambar Lapangan Lompat Jauh Beserta Ukurannya Lengkap
Contoh foto lapangan lompat jauh

1. Runway (Jalur Awalan)

Runway adalah sebuah tempat awalan yang dipakai sebagai landasan pacu sebelum melakukan lompatan. Ukuran lapangan lompat jauh untuk jarak awalan lari sampai balok tumpuan memiliki panjang minimal 40 meter dan lebar 1,22 meter serta dibatasi dengan garis pembatas di bagian samping yang memiliki lebar 5 cm.

2. Take-off Board (Papan Tumpuan)

Take-off Board merupakan sebuah papan lepas landas yang digunakan untuk tempat bertumpu guna melakukan tolakan atau lompatan, ukuran Take-off Board mempunyai panjang 1,22 meter, lebar 20 cm serta dengan ketebalan 10 cm yang dicat dengan warna putih.

Selain itu di depan Take-off Board terdapat papan plastisin dengan lebar 10 cm. Hal ini berfungsi untuk mengetahui sah atau tidaknya lompatan dari peserta atlet tersebut.

3. Built In Tray

Built In Tray ialah sebuah penanda jarak antara Take-off Board dengan Landing Area yang berjarak 1 - 3 meter. Umumnya jarak Take-off dengan Landing Area pada ukuran lapangan lompat jauh adalah 1 meter, tetapi apabila Take-off Board dapat dibongkar pasang maka area tersebut dapat dijadikan sebagai area runaway.

4. Landing Area (Tempat Pendaratan)

Landing Area adalah lokasi yang digunakan sebagai area pendaratan di bak pasir bagi para peserta lompat jauh. Ukuran lapangan lompat jauh untuk tempat pendaratan atau bak pasir adalah mempunyai panjang 7 - 9 meter dan lebar 2,75 meter. Total panjang area Built-in Tray dan Landing Area adalah minimal 10 meter.

Demikianlah informasi mengenai Contoh Gambar Lapangan Lompat Jauh Beserta Ukurannya Dan Keterangannya Lengkap. Karena ukuran lapangan lompat jauh standar nasional menganut peraturan internasional, maka ukurannya sama saja.

Komentar